Usia Pulau Pasir Terbesar di Dunia Terungkap, Dekat Great Barrier Reef

By Utomo Priyambodo, Selasa, 15 November 2022 | 16:06 WIB
Pulau Fraser atau K'gari, pulau pasir terbesar di dunia. (Rulz.rishi/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Indonesia punya banyak pulau pasir, tapi pulau pasir terbesar sedunia ada di Australia. Nama pulau pasir terbesar di dunia itu adalah K'gari atau Pulau Fraser.

Baru-baru ini sebuah penelitian terhadap pasir kuno berhasil mengungkap usia K'gari bagaimana pasir itu membantu membentuk Great Barrier Reef. Selama ini K'gari terkenal dengan pantai-pantai ikoniknya yang membentang sejauh mata memandang, danau air tawar, dan bukit pasir kuno. Pulai pasir terbesar di dunia ini menjorok keluar dari pantai tenggara Queensland.

Selama bertahun-tahun, orang-orang berspekulasi tentang kapan, dan bagaimana, pulau yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO ini terbentuk. "Kami tahu bukit pasir di pulau itu sudah tua... tapi kami tidak tahu kapan [pulau itu] terbentuk," kata Profesor Jamie Shulmeister dari University of Canterbury, seperti dikutip dari ABC.

Kini, tim ilmuwan yang dipimpin oleh Daniel Ellerton dari Stockholm University dan Jamie Shulmeister telah memberikan gambaran pertama tentang usia geologis pulau tersebut. Bekerja sama dengan komunitas Butchulla, masyarakat adat yang menghuni pulau tersebut, mereka menentukan usia bukit pasir di pantai timur K'gari dan dekat Pantai Pelangi (Rainbow Beach) di Taman Nasional Cooloola.

Usia paling awal menunjukkan K'gari berusia hampir 900.000 tahun, kata Ellerton. Kemunculan K'gari tampaknya bertepatan dengan perubahan permukaan laut yang disebabkan oleh perubahan iklim yang dramatis sekitar 1 juta tahun yang lalu, menurut laporan para ilmuwan tersebut dalam makalah yang terbit di jurnal Nature Geoscience.

Temuan itu juga menunjukkan bahwa pulau itu memainkan peran kunci dalam pembentukan wilayah ikonik lainnya, yakni keajaiban Great Barrier Reef (GBR).

Setiap tahun, sekitar 500.000 meter kubik pasir terangkut ke pantai timur Australia dari sungai-sungai seperti Hawkesbury dan Hunter. "Itulah alasan mengapa kita memiliki pantai berpasir yang indah di New South Wales dan Queensland," ujar Ellerton.

Baca Juga: Lautan Susu di Jawa, Salah Satu Kejadian Paling Langka dan Misterius

Baca Juga: Karang Raksasa Berusia 400 Tahun Ditemukan di Great Barrier Reef

Baca Juga: Para Ilmuwan 'Mencabut' Rumput Laut di Great Barrier Reef, Kenapa?

Karena terdorong ke utara oleh angin dan gelombang dari tenggara, pasir itu terbentuk di sekitar pulau Stradbroke dan Moreton dan akhirnya mencapai K'gari. Pulau ini terletak di titik penting di pesisir tenggara Queensland, dekat tepi landas kontinen.

Saat pasir menyentuh titik utara pulau, pasir itu meluncur dari tepi rak ke area air yang dalam. Tetapi jika K'gari tidak ada, kata para peneliti, pasir akan berlanjut lebih jauh ke utara dan menghentikan pertumbuhan karang di tempat yang sekarang menjadi bagian selatan dan tengah Great Barrier Reef.