Aktif Saat Malam, Apakah Kucing Benar-benar Bisa Melihat dalam Gelap?

By Ricky Jenihansen, Minggu, 20 November 2022 | 07:00 WIB
Kucing bisa sangat aktif di malam hari. (99images)

Nationalgeographic.co.id - Bagi pencinta kucing, tentu tidak asing dengan kelakuan kucing kesayangannya yang sering tidur di siang hari dan aktif saat malam hari. Kucing bisa sangat aktif di malam hari, sering berlari mondar-mandir di koridor dan di atas tempat tidur pemiliknya, tanpa pernah menabrak dinding atau pintu.

Mengingat kemampuannya untuk menghindari tabrakan saat malam hari, Anda mungkin berpikir bahwa kucing memiliki penglihatan malam yang alami. Namun apakah benar demikian?

Spesialis oftalmologi veteriner klinis di University of Florida College of Veterinary Medicine, Caryn Plummer mengatakan, itu bukan pertanyaan yang tepat untuk ditanyakan.

"Ini bukan masalah melihat dalam gelap atau tidak melihat dalam gelap," katanya kepada Live Science. "Persepsi visi, Anda mungkin mengatakan 'kualitas'—lebih merupakan spektrum daripada ya atau tidak."

Plummer menjelaskan bahwa jumlah cahaya sekitar yang ada memengaruhi apa yang dapat dilihat oleh seseorang, baik itu manusia atau kucing. Namun, dibandingkan dengan manusia, kucing jauh lebih baik dalam melihat objek ketika cahaya yang tersedia sangat sedikit, dan ini sebagian besar disebabkan oleh evolusi mata mereka.

"Kucing dapat melihat dalam gelap karena struktur mata mereka, dan khususnya retina mereka, memungkinkan penglihatan 'lebih baik' daripada manusia ketika tingkat cahaya rendah," kata Plummer.

Kucing dapat melihat dalam gelap karena struktur mata mereka. (Today Show/NBC)

"Kucing memiliki persentase dan konsentrasi fotoreseptor batang yang lebih tinggi daripada manusia, yang berarti mereka memiliki kepekaan yang lebih baik terhadap cahaya, dan dapat melihat lebih banyak dalam tingkat pencahayaan yang rendah daripada yang kita bisa."

Menurut badan amal Perlindungan Kucing, batang yang melimpah ini berarti kucing dapat melihat "enam hingga delapan kali lebih baik" daripada manusia saat gelap.

Jadi mengapa kucing berevolusi untuk memiliki penglihatan malam yang luar biasa? "Adaptasi untuk penglihatan adalah akibat langsung dari kebutuhan spesies untuk berinteraksi dengan lingkungannya," kata Plummer.

 Baca Juga: Kengerian Pupil Pada Mata Kucing Menurut Sains, Bukan Mistis

 Baca Juga: Mata Kucing dan Anjing Bersinar dalam Gelap, Ternyata Ini Alasannya