Pulau Hantu Irlandia yang Muncul dan Menghilang Secara Tiba-tiba

By Galih Pranata, Sabtu, 19 November 2022 | 12:00 WIB
Ilustrasi pulau berkabut, Hy-Brasil. Pulau ini juga dikenal sebagai Atlantis-nya Irlandia. (Youtube/History of Yesterday)

Nationalgeographic.co.id—Cerita rakyat Irlandia penuh dengan hantu, raksasa, pooka, setan, goblin, banshees, peri, penyihir, janda, perawan tua, dan makhluk dan tempat imajiner lainnya.

Salah satu tempat yang selalu menjadi buah bibir dan urban legend masyarakatnya adalah pulau aneh dan menakutkan di pantai barat Irlandia, diselimuti kabut tebal dan hanya terlihat sekali setiap tujuh tahun. Pulau itu bernama Hy-Brasil.

Dalam tradisi mendongeng lisan Irlandia, pulau itu digambarkan sebagai pulau di tepi kabut atau "pulau terapung" yang menghilang ketika didekati. Belakangan, cerita-cerita ini muncul di buku cetak cerita rakyat Irlandia.

Menurut buku yang diterbitkan di tahun 1888 berjudul Irish Wonders karya D. R. McAnally, pulau terapung itu dilihat oleh penduduk County Cork terakhir kali pada 7 Juli 1878. Serba tujuh (7-7-1878) dari penampakan terakhir pulau itu menjadi simbol spiritual rakyat Irlandia.

Dalam buku itu, McAnally menulis: "Pada hari Minggu sore, 7 Juli 1878, penduduk Ballycotton di County Cork sangat gembira dengan kemunculan secara tiba-tiba, sebuah pulau jauh di tengah laut, yang tidak diketahui keberadaannya."

Cerita selanjutnya: "Orang-orang di kota dan pulau Ballycotton adalah nelayan dan mengenal laut sebaik mereka mengenal daratan. Sehari sebelumnya mereka pergi dengan perahu mereka dan menuju ke tempat di mana pulau aneh itu muncul, dan mereka yakin itu adalah tempat memancing terbaik yang mereka miliki. Dan tetap saja, mereka melihat lebih jauh, dan tetap saja, keheranan mereka bertambah, karena hari cerah, dan pulau itu terlihat jelas seperti bukit-bukit di utara. Di beberapa tempat terjal, di tempat lain berhutan lebat; di sana-sini bayangan gelap di sisi-sisinya menunjuk ke jurang yang ditumbuhi semak-semak dan rerumputan. Di satu ujung naik hampir curam dari laut, di ujung lain turun secara bertahap."

Hy-Brasil telah muncul dalam berbagai macam legenda, mulai dari kelinci hitam raksasa yang hidup dengan seorang penyihir di sana, dewa yang bersembunyi di balik kabutnya, sebuah peradaban yang hilang, dan, yang paling menggemparkan, munculnya UFO.

Meski terlihat dan muncul secara tiba-tiba, pulau ini tidak pernah ditemukan. Sekalipun orang-orang memburunya, pulau ini tidak pernah dapat digapai. Namun, pulau hantu ini nyatanya muncul di peta sejak abad ke-14 dan menghilang pada abad ke-19.

"Bagaimanapun, pulau itu selalu muncul di peta," tulis Irena Curik kepada History of Yesterday dalam sebuah artikel berjudul "Hy-Brasil: Ghost Island That Has Not Been Seen Since 1878" yang diterbitkan pada 18 November 2022.

Sebuah pulau bernama Hy-Brasil atau Bracile sebenarnya tidak memiliki keterkaitan dengan negara ataupun penduduk Brasilia. Toponimi namanya dianggap berasal dari bahasa Irlandia, "Uí Breasail."

 Baca Juga: Rumah Sakit Jiwa Gonjiam, Salah Satu Tempat Terseram di Korea Selatan

 Baca Juga: Pulau-pulau yang Hilang dalam Legenda Welsh Kemungkinan Adalah Nyata