Seperti Bumi dan Venus, Planet Merah Juga Memiliki Interior yang Aktif

By Wawan Setiawan, Sabtu, 10 Desember 2022 | 16:48 WIB
Gambar yang diambil oleh pengorbit Mars Express Badan Antariksa Eropa ini menunjukkan pandangan miring yang berfokus pada salah satu rekahan yang membentuk sistem Cerberus Fossae di planet Mars. Patah-patah itu membelah bukit dan kawah, menandakan relatif muda. (ESA/DLR/FU Berlin)

Nationalgeographic.co.id - Di Bumi, pergeseran lempeng tektonik merombak permukaan planet dan menciptakan interior yang dinamis. Sehingga ketiadaan proses semacam itu di Mars membuat banyak orang menganggapnya sebagai planet mati, di mana tidak banyak terjadi dalam 3 miliar tahun terakhir.

Para ilmuwan dari University of Arizona menantang pandangan terkini tentang evolusi geodinamik Mars dengan laporan tentang penemuan gumpalan mantel aktif yang mendorong permukaan ke atas dan menyebabkan gempa bumi dan letusan gunung berapi. Temuan ini telah diterbitkan di jurnal Nature Astronomy pada 5 Desember dengan judul “Geophysical evidence for an active mantle plume underneath Elysium Planitia on Mars.”

Temuan ini juga menunjukkan bahwa permukaan planet yang tampak sepi mungkin menyembunyikan interior yang lebih kacau daripada yang diperkirakan sebelumnya.

"Studi kami menghadirkan banyak bukti yang mengungkap keberadaan gumpalan mantel aktif raksasa di Mars saat ini," kata Adrien Broquet, rekan penelitian pascadoktoral di Lunar and Planetary Laboratory UArizona dan rekan penulis studi.

Mantel batuan yang ringan adalah gumpalan besar batuan hangat dan apung yang muncul dari dalam planet dan mendorong melalui lapisan perantaranya—mantel—untuk mencapai dasar keraknya. Ini menyebabkan gempa bumi, patahan, dan letusan gunung berapi. Gugusan pulau Hawaii, misalnya, terbentuk saat lempeng Pasifik perlahan-lahan melayang di atas gumpalan mantel.

"Kami memiliki bukti kuat bahwa gumpalan mantel aktif di Bumi dan Venus, tetapi hal ini tidak diharapkan terjadi di dunia kecil dan diduga dingin seperti Mars," kata Andrews-Hanna. "Mars paling aktif 3 hingga 4 miliar tahun yang lalu, dan pandangan yang berlaku adalah bahwa planet ini pada dasarnya sudah mati hari ini."

Ilustrasi tentang gumpalan mantel yang aktif – gumpalan besar batuan hangat dan apung – muncul dari dalam Mars dan mendorong Elysium Planitia, dataran di dataran rendah utara planet. (Adrien Broquet & Audrey Lasbordes)

"Sejumlah besar aktivitas vulkanik di awal sejarah planet membangun gunung berapi tertinggi di tata surya dan menyelimuti sebagian besar belahan bumi utara dalam endapan vulkanik," kata Broquet. "Aktivitas kecil apa yang telah terjadi dalam sejarah baru-baru ini biasanya dikaitkan dengan proses pasif di planet yang mendingin."

Para peneliti tertarik pada jumlah aktivitas yang mengejutkan di wilayah Mars yang tidak mencolok yang disebut Elysium Planitia, sebuah dataran di dataran rendah utara Mars yang dekat dengan ekuator. Tidak seperti daerah vulkanik lain di Mars, yang tidak pernah melihat aktivitas besar selama miliaran tahun, Elysium Planitia mengalami letusan besar selama 200 juta tahun terakhir.

"Pekerjaan sebelumnya oleh kelompok kami menemukan bukti di Elysium Planitia untuk letusan gunung berapi termuda yang diketahui di Mars," kata Andrews-Hanna. "Itu menciptakan ledakan kecil abu vulkanik sekitar 53.000 tahun yang lalu, yang dalam waktu geologis pada dasarnya kemarin."

Baca Juga: Dengan Mengukur Gempa, Peneliti Mencoba Membedah Isi Planet Mars

Baca Juga: Asteroid Mirip Chicxulub Juga Pernah Menyebabkan Megatsunami di Mars