Gebrakan Tim Nasional Maroko di Jantung Dekolonisasi Sepak Bola

By Utomo Priyambodo, Rabu, 14 Desember 2022 | 07:01 WIB
Foto kegembiaraan para pemain Tim Nasional Maroko di Piala Dunia 2022. (Instagram @team_of_morocco / Morocco National Team)

Nationalgeographic.co.id—Terlepas apakah nantinya Tim Nasional Maroko bisa menembus babak final atau tidak, sejauh ini mereka telah menciptakan rekor bersejarah. Mereka adalah negara Afrika pertama yang bisa mencapai babak semi final Piala Dunia. Selain itu, mereka juga merupakan negara Muslim pertama yang bisa menembus babak semi final gelaran sepak bola terakbar sejagat itu.

Banyak orang menilai gelaran Piala Dunia Qatar 2022 luar biasa dan merupakan salah satu yang terbaik dalam sejarah. Tidak ada turnamen sepak bola yang menimbulkan kontroversi seperti itu, terutama dengan adanya VAR membuat setiap wasit bisa mengevaluasi dan menganulir keputusannya sendiri secara langsung di lapangan.

Tidak ada pula turnamen sepak bola sejagat yang di dalamnya tersuguhkan penampilan mengejutkan dari negara Afrika yang mengandalkan pelatih nasionalnya. Negara Afrika yang mampu mengandaskan lajur tim-tim besar Eropa, seperti Spanyol dan Portugal, di Piala Dunia.

Orang-orang Maroko, orang-orang Arab, banyak orang Muslim dan banyak orang lain di dunia bagian selatan telah melihat sepak terjang Maroko sebagai peluang untuk membebaskan sepak bola dari dominasi negara-negara Barat.

Tidak ada tim dari luar Eropa atau Amerika Latin yang pernah mencapai final Piala Dunia apalagi memenangkan kejuaraan tersebut. Namun, di Qatar, orang-orang mulai berpikir bahwa mungkin inilah saatnya untuk percaya pada Afrika!

“Kami juga orang-orang Afrika,” kata pelatih Maroko Walid Reragui, seperti dikutip dari The North Africa Post. "Kami ingin mengibarkan bendera sepak bola Afrika.”

“Sepak bola Afrika sering dianggap biasa-biasa saja, tetapi di Piala Dunia ini, saya pikir kami telah menunjukkan bahwa kami dapat mempersulit hidup siapa pun,” lanjutnya.

Baca Juga: Mengapa Banyak Pemain di Piala Dunia yang Kaus Kakinya Bolong-Bolong?

Baca Juga: Gara-gara Sepak Bola Pra-Piala Dunia, Perang Bersenjata Pun Bergelora

Baca Juga: Palestino: Histori Kemerdekaan Sepak Bola Palestina di Tanah Chili

Kemenangan Maroko tak hanya disambut dengan tepuk tangan dari Afrika dan dunia Arab, tetapi juga dari banyak negara Muslim dan negara-negara di belahan dunia selatan.

“Piala Dunia FIFA Qatar 2022 telah menjadi mimpi yang menjadi kenyataan bagi Atlas Lions (julukan Timnas Maroko),” komentar FIFA dalam sebuah artikel yang diposting di situsnya.