Misteri Wendigo, Makhluk Kanibal Mengerikan dari Amerika Utara

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 1 Januari 2023 | 11:00 WIB
Apa itu wendigo? Penggambaran makhluk mitos legenda penduduk asli Amerika. ( GARETH )

Nationalgeographic.co.id – Wendigo adalah makhluk mengerikan dari legenda penduduk asli Amerika, tepatnya suku Algonquia. Wendigo memakan daging manusia untuk bertahan hidup di musim dingin. Namun apakah mereka hanya bagian dari mitologi penduduk asli Amerika atau memang ada humanoid kanibal yang menunggu korban berikutnya di hutan?

Suku Algonquian adalah kelompok penduduk asli Amerika yang paling luas dan banyak jumlahnya di Amerika Utara. Mereka pernah tinggal di sepanjang Pesisir Atlantik dan wilayah Great Lakes. Namun, makhluk mirip Wendigo juga ditemukan dalam legenda suku asli Amerika lainnya, termasuk tetangga Algonquians, Iroquois. Di antara orang-orang ini, makhluk yang dikenal sebagai Stonecoat memiliki beberapa kesamaan dengan Wendigo. Namun, apa itu Wendigo?

Kelaparan Tak Terpuaskan Seorang Wendigo

Kata Wendigo juga dieja Windigo dan Windego berarti roh jahat yang melahap umat manusia. Terjemahan lain, dibuat oleh seorang penjelajah Jerman sekitar tahun 1860, menyamakan kata Wendigo dengan kanibal. Wendigo dikatakan memiliki rasa lapar yang tak terpuaskan akan daging manusia—tidak peduli berapa banyak daging yang dimakan, mereka tetap lapar.

Rasa lapar ini tercermin dalam penampilan mereka, dan karenanya Wendigo digambarkan sangat kurus. Meskipun fisik mereka kurus, Wendigo digambarkan oleh beberapa orang sebagai raksasa, dengan tinggi sekitar 4,5 meter.

Sementara ada sedikit variasi mengenai deskripsi fisik makhluk ini di antara orang-orang Algonquian yang berbeda, secara umum disepakati bahwa Wendigo memiliki mata bercahaya, taring panjang menguning, dan lidah panjang. Kebanyakan Wendigo juga dikatakan memiliki kulit pucat dan kekuningan, meskipun yang lain mengatakan bahwa mereka kusut dengan rambut atau memiliki kulit yang membusuk.

Legenda mengatakan bahwa Wendigo pernah menjadi manusia. Menurut versi cerita yang paling populer, Wendigo terbentuk setiap kali manusia melakukan kanibalisme, bahkan jika itu dilakukan untuk bertahan hidup. Ketika seseorang mengonsumsi daging manusia lain, ia diyakini dikuasai oleh roh jahat dan berubah menjadi Wendigo.

Berurusan dengan Iblis

Dalam versi cerita yang lain, Wendigo pertama dikatakan sebagai seorang pejuang yang membuat kesepakatan dengan Iblis. Untuk menyelamatkan sukunya, dia menyerahkan jiwanya dan diubah menjadi Wendigo. Ketika kedamaian terjadi, tidak perlu ada makhluk yang begitu menakutkan. Prajurit itu diusir dari sukunya dan dipaksa hidup sebagai orang buangan.

Beberapa orang percaya bahwa manusia itu terus tinggal di dalam Wendigo, khususnya di mana seharusnya hatinya berada. Orang ini membeku, dan satu-satunya cara untuk membunuh Wendigo adalah dengan membunuh manusia di dalamnya juga. Beberapa legenda menyatakan bahwa orang yang membeku berhasil diselamatkan dari dalam makhluk itu; namun dalam banyak kasus, kematian adalah satu-satunya cara untuk membebaskan seseorang dari Wendigo.

Baca Juga: Teror Manusia Serigala Membunuh Ratusan Orang di Prancis Abad ke-18

Baca Juga: Mengenal Krampus, Iblis Penghukum Anak-anak Nakal Saat Natal