Dari Babilonia hingga Romawi, Begini Perayaan Tahun Baru di Zaman Kuno

By Sysilia Tanhati, Senin, 2 Januari 2023 | 09:00 WIB
Perayaan Tahun Baru selalu diisi dengan syukur dan harapan masa yang baik. Bagaimana perayaan Tahun Baru di zaman kuno, dari Babilonia hingga Romawi? (Mostafameraji)

Nationalgeographic.co.id—Memasuki tahun baru, sebagian besar orang di berbagai belahan dunia melakukan perayaan dan ritual unik. Perayaan ini bukanlah hal yang baru dan telah dilakukan di zaman kuno. Meski bentuk perayaannya telah berubah dari waktu ke waktu, tujuannya selalu sama yaitu untuk merayakan datangnya hari baru. Perayaan Tahun Baru selalu diisi dengan syukur dan harapan akan masa dengan yang lebih baik. Dari Babilonia hingga Romawi, bagaimana perayaan tahun baru di zaman kuno?

Orang Babilonia kuno merayakan Akitu

Perayaan Tahun Baru orang Babilonia kuno dilakukan pada bulan baru pertama setelah titik balik musim semi pada akhir Maret. Dalam perayaan itu, mereka menghormati kelahiran kembali alam dengan festival multi-hari yang disebut Akitu.

“Perayaan awal Tahun Baru ini dimulai sekitar tahun 2000 Sebelum Masehi,” tulis Evan Andrews di laman History. Selama Akitu, patung para dewa diarak melalui jalan-jalan kota dan upacara dilakukan untuk melambangkan kemenangan mereka atas kekuatan kekacauan.

Melalui ritual ini, orang Babilonia percaya bahwa dunia secara simbolis dibersihkan dan diciptakan kembali oleh para dewa. Pembersihan itu dianggap sebagai persiapan untuk tahun yang baru dan kembalinya musim semi.

Salah satu aspek menarik dari Akitu melibatkan semacam ritual penghinaan yang dialami oleh raja Babilonia. Raja dibawa ke hadapan patung dewa Marduk, dilucuti dari tanda kerajaannya dan dipaksa untuk bersumpah bahwa dia telah memimpin kota dengan hormat. Seorang imam besar kemudian akan menampar raja dan menyeret telinganya dengan harapan membuatnya menangis.

Jika air mata kerajaan ditumpahkan, itu dilihat sebagai tanda bahwa Marduk puas dan secara simbolis telah memperpanjang kekuasaan raja.

Sejarawan berpendapat bahwa unsur-unsur politik ini menunjukkan bahwa Akitu digunakan sebagai alat untuk menegaskan kembali kekuasaan ilahi raja atas rakyatnya.

Nowruz, Tahun Baru orang Persia kuno

Meskipun masih dirayakan di Iran dan bagian lain di Timur Tengah dan Asia, akar Nowruz (atau "Hari Baru") menjangkau jauh ke zaman kuno.

Sering disebut "Tahun Baru Persia", festival musim semi selama 13 hari ini jatuh pada vernal equinox pada bulan Maret.

Catatan resmi Nowruz tidak muncul sampai abad ke-2, tetapi sebagian besar sejarawan percaya bahwa perayaannya dimulai setidaknya sejak abad ke-6 Sebelum Masehi. Nowruz bertahan sebagai hari libur penting bahkan setelah penaklukan Iran oleh Aleksander Agung dan kebangkitan kekuasaan Islam pada abad ke-7 Masehi.