Memprediksi Dampak Tsunami dalam Waktu Kurang dari Satu Detik

By Utomo Priyambodo, Rabu, 11 Januari 2023 | 08:00 WIB
Tsunami Aceh 2004. (Xinhua/XINHUA/Corbis)

Nationalgeographic.co.id—Bencana tsunami yang melanda timur laut Jepang pada 11 Maret 2011 merenggut nyawa sekitar 18.500 orang. Banyak nyawa bisa diselamatkan jika peringatan dini tentang tsunami yang akan datang telah memasukkan prediksi yang akurat tentang seberapa tinggi air akan mencapai titik-titik berbeda di sepanjang garis pantai dan lebih jauh ke pedalaman.

Kini, area pesisir di Jepang itu telah memiliki jaringan sensor terbesar di dunia untuk memantau pergerakan dasar laut. Sebanyak 150 stasiun lepas pantai yang membentuk jaringan ini memberikan peringatan dini tsunami.

Namun, agar bermakna, data yang dihasilkan oleh sensor perlu diubah menjadi tinggi dan luasan tsunami di sepanjang garis pantai. Upaya pemrosesan data inilah yang menjadi tantangan.

Untuk menghasilkan data tinggi dan luasan tsunami, biasanya dibutuhkan penyelesaian persamaan nonlinear yang sulit secara numerik yang biasanya memakan waktu sekitar 30 menit pada komputer standar. Namun, tsunami 2011 telah melanda beberapa bagian pantai hanya 45 menit setelah gempa.

Saat ini, Iyan Mulia dari Laboratorium Ilmu Prediksi RIKEN dan rekan-rekan kerjanya telah menggunakan pembelajaran mesin (machine learning) untuk memangkas waktu perhitungan tersebut menjadi kurang dari satu detik. RIKEN adalah lembaga penelitian terbesar di Jepang yang komprehensif, terkenal untuk penelitian berkualitas tinggi dalam berbagai disiplin ilmu

“Keunggulan utama metode kami adalah kecepatan prediksi, yang sangat penting untuk peringatan dini,” jelas Mulia, peneliti asal Indonesia, seperti dikutip dari keterangan tertulis RIKEN.

“Pemodelan tsunami konvensional memberikan prediksi setelah 30 menit, yang terlambat. Tapi model kami dapat membuat prediksi dalam hitungan detik.”

Karena tsunami jarang terjadi, tim melatih sistem pembelajaran mesin mereka menggunakan lebih dari 3.000 peristiwa tsunami yang dihasilkan komputer. Mereka kemudian mengujinya dengan 480 skenario tsunami lainnya dan tiga tsunami sebenarnya.

Hasilnya, model berbasis pembelajaran mesin mereka itu dapat mencapai akurasi yang sebanding hanya dengan 1% upaya komputasi.

Baca Juga: Kedua Kalinya Sebuah Tsunami Menyebar ke Tiga Samudra, Kok Bisa?

Baca Juga: BNPB Belajar Mitigasi Tsunami dari Smong, Kearifan dari Simeulue

Baca Juga: Gempa Cianjur Tergolong Sedang, 162 Orang Tewas: 'Kita Harus Belajar'