Pulque, Minuman Alkohol Mesoamerika Kuno Jadi Obat Penyakit Diabetes

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 13 Januari 2023 | 11:00 WIB
Minuman alkohol Pulque adalah minuman suci bangsa Aztec. (Everett)

Nationalgeographic.co.id—Pulque adalah minuman beralkohol tertua di Meksiko. Dikenal sebagai minuman para Dewa, minuman ini diminum oleh suku Maya, Aztec, Huastec, dan budaya lainnya di Mesoamerika kuno.

Minuman kuno ini telah diperkenalkan kembali ke masyarakat modern kita dan popularitasnya semakin meningkat, tetapi jika Anda ingin mencicipinya, berhati-hatilah karena ini bukan bir biasa. Ini memiliki beberapa efek samping yang cukup aneh.

Pulque terbuat dari jus atau getah tanaman maguey (Agave americana) yang difermentasi dan hanya sedikit mengandung alkohol. Mereka yang mencobanya mengatakan seseorang dapat duduk dan minum pulque berjam-jam tanpa mabuk, tetapi kemudian sesuatu yang aneh terjadi. Saat mencoba bangun untuk pergi, sadarilah bahwa kaki Anda tidak berfungsi dengan baik. Pikiran Anda benar-benar jernih, tetapi tubuh Anda tidak bekerja.

Pulque Dalam Mitos dan Legenda

Pulque adalah minuman kuno yang diberikan kepada manusia oleh dewa besar Quetzalcoatl. (Ancient Pages)

Pulque disebutkan dalam beberapa mitos dan legenda di Mesoamerika. Menjadi nenek moyang kuno mescal dan tequila, pulque mendahului kedatangan orang Spanyol setidaknya 1.500 tahun dan minuman tersebut telah lama dianggap suci.

Mitos dan legenda kuno menceritakan bahwa pulque diberikan kepada manusia oleh dewa besar Quetzalcoatl yang memperhatikan bahwa alih-alih menyanyi dan menari, orang tampak sengsara. Jadi, dia memutuskan untuk memberi mereka sesuatu untuk mencerahkan hari-hari mereka dan ini adalah awal dari bagaimana pulque memasuki kehidupan masyarakat Mesoamerika.

Penggambaran dewi Mayahuel. (Ancient Pages)

Mayahuel, dewi maguey sering digambarkan sebagai wanita muda cantik yang berhubungan dengan kesuburan dan terkadang disebut sebagai 'wanita dengan 400 payudara' tidak diragukan lagi mengacu pada getah tanaman yang seperti susu.

Pada zaman kuno, pulque bukanlah minuman untuk orang miskin, melainkan disediakan untuk kelas sosial tertinggi. Belakangan, itu menjadi minuman para petani miskin.

Orang kuno yang minum pulque digambarkan di beberapa peninggalan dan monumen. Peradaban Zapotec (500-900 M) memiliki monumen yang menunjukkan pemandangan dari upacara pernikahan di mana para tamu sedang minum pulque. Penggambaran paling awal dalam seni pulque Mesoamerika berasal dari kota besar Teotihuacan, pada puncaknya antara 300 dan 550 Masehi. Ukiran relief batu menunjukkan sosok bertopeng dengan tetesan susu jatuh dari mulutnya dan salah satu topeng berlatar belakang daun maguey.

Pulque Digunakan sebagai Obat