Mengapa Setiap Hari Manusia Membutuhkan Tidur? Ini Kata Sains

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 16 Januari 2023 | 12:00 WIB
Kenapa manusia membutuhkan tidur? (Andrea Piacquadio)

Nationalgeographic.co.id—Manusia menghabiskan hampir sepertiga hidupnya untuk tidur. Durasi tidur ideal sekitar 8 jam sehari dibutuhkan orang dewasa. Tapi apakah Anda tahu kenapa tidur itu sangat penting?

Ada beberapa teori tentang mengapa kita tidur, dan meskipun tidak ada yang benar-benar solid, beberapa mencoba menjelaskan apa yang terjadi setiap malam. Para peneliti mengatakan tampaknya jelas bahwa tidur adalah kunci kemampuan otak untuk mengatur ulang dirinya sendiri – sebuah fitur yang disebut plastisitas, seperti dikutip Live Science.

Tahapan tidur

Tidak sulit untuk membuktikan bahwa tidur itu penting. Tikus yang benar-benar kurang tidur mati dalam dua atau tiga minggu, menurut penelitian oleh ilmuwan tidur perintis University of Chicago, Allan Rechtschaffen. Tidak ada yang melakukan eksperimen serupa pada manusia, untuk alasan yang jelas, Tetapi sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam The Journal of Neuroscience menemukan bahwa hanya kurang tidur selama 24 jam menyebabkan orang sehat mengalami halusinasi dan gejala mirip skizofrenia lainnya.

Salah satu alasan sulitnya memahami mengapa kita tidur adalah karena tidur sebenarnya cukup sulit untuk dipisahkan dan dipelajari.

"Studi kurang tidur adalah cara paling umum untuk mempelajari tidur, tetapi mengurangi waktu tidur hewan mengganggu banyak sistem biologisnya. Sulit untuk mengatakan hasil mana yang secara langsung disebabkan oleh kurang tidur daripada, stres," kata Marcos Frank, ahli saraf di University of Washington.

Alasan lain tidur adalah bahwa otak mungkin melakukan dua hal berbeda selama dua tahap utama tidur. Saat malam semakin larut, siklus tidur melalui gerakan mata non-rapid (non-REM) dan tidur rapid-eye-movement (REM).

Tidur non-REM ditandai dengan gelombang otak lambat yang disebut gelombang theta dan delta. Sebaliknya, aktivitas listrik otak selama tidur REM terlihat seperti saat seseorang terjaga, tetapi otot-otot tubuhnya lumpuh. Jika Anda pernah mengalami kelumpuhan tidur, itu karena Anda terbangun dari tidur REM sebelum kelumpuhan ini berakhir.

Studi telah menemukan perbedaan dalam biologi otak selama tahap yang berbeda ini. Misalnya, selama tidur non-REM, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan, menurut tinjauan biologi tidur tahun 2006 yang diterbitkan oleh Frank dalam jurnal Ulasan di Neurosciences. Juga selama tidur non-REM, sintesis beberapa protein otak meningkat, dan beberapa gen yang terlibat dalam sintesis protein menjadi lebih aktif. Sebaliknya, selama tidur REM, tampaknya tidak ada peningkatan aktivitas penghasil protein semacam ini.

“Satu kesimpulan yang muncul dari penelitian tentang tidur adalah bahwa tidur tampaknya sebagian besar merupakan fenomena yang berfokus pada otak,” ujar Frank.

Meskipun kurang tidur memengaruhi sistem kekebalan dan mengubah kadar hormon dalam tubuh, dampaknya yang paling konsisten pada hewan ada di otak.

"Sistem saraf pusat selalu dipengaruhi oleh tidur," kata Frank. "Mungkin ada hal lain yang ditambahkan evolusi ke fungsi utama tidur, tapi fungsi utama tidur mungkin ada hubungannya dengan otak."