Selidik Fakta: Benarkah Olahraga Memengaruhi Pertumbuhan Rambut?

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 18 Januari 2023 | 08:00 WIB
Benarkah olahraga mampu mempengaruhi pertumbuhan rambut? (Getty Images)

 

Nationalgeographic.co.id—Rambut yang sehat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tapi apakah olahraga memengaruhi pertumbuhan rambut?

Jawabannya keduanya memiliki kaitan. Pertama, olahraga meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen dalam sel darah, yang bermanfaat bagi folikel rambut. Hal ini dapat membuat fase pertumbuhan rambut menjadi lebih panjang. Olahraga juga dapat mengurangi stres, yang merupakan salah satu faktor penyebab penipisan rambut.

"Sayangnya, sampai saat ini hanya ada sedikit penelitian ilmiah tentang efek olahraga terhadap pertumbuhan rambut. Namun, dengan memahami proses pertumbuhan rambut, dan faktor-faktor yang dapat mendorong pertumbuhan rambut normal, masuk akal untuk berhipotesis bahwa olahraga yang konsisten berpotensi mendukung pertumbuhan rambut yang sehat," ujar Dr. Fuat Yuksel, ahli bedah transplantasi rambut dikutip Live Science.

Sebelum mempelajari mekanisme potensial di mana olahraga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, ada baiknya untuk memahami beberapa dasar tentang pertumbuhan rambut secara umum.

Rambut tumbuh melalui siklus bergantian yang melibatkan tahapan pertumbuhan cepat dan pemanjangan batang rambut, dan periode regresi yang didorong oleh sinyal apoptosis. Siklus pertumbuhan rambut dapat dibagi menjadi tiga fase berbeda:

Anagen: Fase anagen adalah fase pertumbuhan aktif di mana batang rambut bertunas dari folikel. Fase ini dapat berlangsung selama beberapa tahun.

Katagen: Ini adalah fase transisi di mana rambut berhenti tumbuh, dan benar-benar mundur, kehilangan sekitar seperenam dari diameter setiap batang rambut. Selain itu, rambut klub, atau rambut pendek dan pendek dapat terbentuk, yang kemudian sering rontok, sehingga rambut tampak menipis. Faktor-faktor yang meningkatkan pembentukan dan kerontokan rambut klub termasuk hipotiroidisme, hipertiroidisme, stres, dan kekurangan vitamin.

Telogen: Ini adalah fase istirahat di mana pertumbuhan tidak terjadi.

Jadi, bagaimana olahraga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut? Dr. Yuksel mengatakan bahwa olahraga akan selalu memberikan efek positif pada pertumbuhan rambut  karena memiliki efek positif pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

“Folikel rambut akan mendapat manfaat dari peningkatan sirkulasi darah dan peningkatan oksigen dalam sel darah,” jelas Dr. Yuksel. “Folikel rambut yang sehat akan memungkinkan fase pertumbuhan Anda (fase anagen) menjadi lebih lama. Oleh karena itu, rambut akan memiliki lebih banyak waktu untuk tumbuh.”

Selain itu, olahraga dapat mengurangi stres, dan karena stres merupakan salah satu faktor dalam fase katagen yang dapat menyebabkan penipisan rambut, olahraga yang konsisten dapat mencegah kerontokan rambut. Dr. Yuksel mengatakan bahwa pedoman tipikal untuk tingkat aktivitas fisik sudah cukup.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC)  menyatakan bahwa orang dewasa harus melakukan latihan aerobik intensitas sedang selama 150 menit atau latihan aerobik intensitas tinggi selama 75 menit per minggu, yang menurut Dr. Dr. Yuksel mendukung siklus pertumbuhan rambut yang sehat.