Meningkatnya Debu Atmosfer Menutupi Efek Pemanasan Gas Rumah Kaca

By Wawan Setiawan, Sabtu, 21 Januari 2023 | 13:00 WIB
Visualisasi dari luar angkasa tentang badai debu “Godzilla” pada 18 Juni 2020, saat debu gurun menyebar dari Sahara ke Amerika Utara. Sebuah studi UCLA menemukan bahwa peningkatan debu mikroskopis di atmosfer telah menutupi efek pemanasan gas rumah kaca di planet ini. (NASA Scientific Visualization Studio)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa debu atmosfer global atau partikel udara mikroskopis dari badai debu gurun, memiliki sedikit efek pendinginan keseluruhan di planet ini yang telah menyembunyikan seluruh pemanasan yang disebabkan oleh gas rumah kaca.

Penelitian UCLA, yang diterbitkan 17 Januari 2023 di jurnal Nature Review Earth and Environment bertajuk “Mineral dust aerosol impacts on global climate and climate change,” menemukan bahwa jumlah debu gurun telah tumbuh sekitar 55% sejak pertengahan 1800-an. Pertumbuhan ini telah meningkatkan efek pendinginan debu terhadap Bumi.

Studi ini adalah yang pertama menunjukkan efek pendinginan keseluruhan dari debu gurun di atmosfer. Beberapa efek debu atmosfer menghangatkan planet ini, tetapi karena efek lain dari debu benar-benar menangkal pemanasan—misalnya dengan menghamburkan sinar matahari kembali ke luar angkasa dan menghamburkan awan tinggi yang menghangatkan planet—studi menghitung bahwa efek keseluruhan debu adalah pendinginan.

Jika tingkat debu menurun—atau bahkan berhenti tumbuh—pemanasan dapat meningkat, kata fisikawan atmosfer UCLA Jasper Kok, penulis utama studi tersebut.

"Kami menunjukkan debu gurun telah meningkat, dan kemungkinan besar sedikit menetralkan pemanasan rumah kaca, yang hilang dari model iklim saat ini," kata Kok, yang mempelajari bagaimana partikel memengaruhi iklim. “Peningkatan debu tidak menyebabkan banyak pendinginan—model iklim masih mirip—tetapi temuan kami menyiratkan bahwa gas rumah kaca saja dapat menyebabkan lebih banyak pemanasan iklim daripada prediksi model saat ini,” katanya.

Kok membandingkan pengungkapan tersebut dengan penemuan, saat mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, bahwa rem darurat kendaraan telah diaktifkan sebagian. Sama seperti melepaskan rem sepenuhnya dapat menyebabkan mobil bergerak lebih cepat, menghentikan peningkatan kadar debu dapat sedikit mempercepat pemanasan global.

Ada 26 juta ton partikel debu secara global - setara dengan berat sekitar 5 juta gajah Afrika yang melayang di langit. (Earth.com)

Dan sementara tingkat debu gurun di atmosfer telah meningkat secara keseluruhan sejak masa pra-industri, trennya tidak stabil—ada kenaikan dan penurunan di sepanjang jalan. Dan karena ada begitu banyak variabel yang dipengaruhi oleh alam dan manusia yang dapat menyebabkan kenaikan atau penurunan kadar debu, para ilmuwan tidak dapat memproyeksikan secara akurat bagaimana jumlah debu di atmosfer akan berubah dalam beberapa dekade mendatang.

Beberapa partikel udara mikroskopis yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil juga berkontribusi untuk pendinginan sementara, kata Kok. Tetapi sementara para ilmuwan telah menghabiskan beberapa dekade untuk menentukan konsekuensi dari aerosol buatan manusia ini, efek pemanasan atau pendinginan yang tepat dari debu gurun masih belum jelas sampai sekarang.

Baca Juga: Paradoks Perubahan Iklim, Negara Produsen Sedikit Gas Rumah Kaca Justru Paling Menderita Bencana Perubahan Iklim

Baca Juga: Iklim di Amerika Utara Dulu Sehangat Bali dan Bisa seperti Itu Lagi

Baca Juga: Mengandung Gas Rumah Kaca, Sampah Harus Dituntaskan Sama-sama