Di Balik Perseus Memenggal Medusa, Ketika Harga Diri Dipertaruhkan

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 21 Januari 2023 | 15:00 WIB
Perseus memenggal kepala Medusa dalam mitologi Yunani kuno. (The Metropolitan Museum of Art)

Nationalgeographic.co.id – Medusa dibunuh oleh Perseus menjadi salah satu kisah yang dikenal dari mitologi Yunani kuno. Perseus lahir dari dewa, Zeus, dan wanita fana, Danae. Sang ibu, Danae merupakan putri Raja Acrisius.

Perseus pun tumbuh menjadi setengah dewa dengan kekuatan besar dan kecerdikan yang cerdas. Perseus menjadi salah satu pahlawan besar dalam mitologi Yunani karena kemampuannya memenggal kepala monster, Medusa.

Kehidupan Awal Perseus

Ketika Perseus lahir, Raja Acrisius takut Perseus akan tumbuh besar dan membunuhnya, jadi dia membuang Danae dan Perseus ke laut dalam peti kayu. 

Peti itu mendarat di pulau Serifos, tempat seorang nelayan menemukan mereka dan membawanya masuk. Nelayan itu adalah saudara laki-laki Raja Polydectes, yang merupakan raja jahat. Perseus pun tumbuh menjadi pemuda yang kuat dengan kekuatan dan kecerdasan yang hebat.

Raja Polydectes Jatuh Cinta

Raja Polydectes telah jatuh cinta pada Danae dan menjadikan budaknya. Perseus ingin melindungi ibunya, dan Polydectes tahu Perseus akan melindunginya dengan segala cara. Beberapa versi mitos menggambarkan Polydectes meminta Perseus untuk memberinya hadiah, sementara versi lain dari mitos tersebut mengirim Perseus dalam misi berbahaya agar dia tidak mengalahkan raja.

Meskipun versinya berbeda, mereka memiliki hasil yang sama; Perseus diperintahkan oleh Raja Polydectes untuk membawa kembali kepala Medusa.

Gorgon Medusa

Medusa terlahir sebagai wanita fana yang cantik dengan rambut panjang tergerai. Medusa adalah penggoda di antara para dewa, dan Poseidon telah menghamili makhluk fana saat berada di kuil Athena. Athena mengutuk Medusa yang fana dengan wajah mengerikan dan rambut ular. Medusa akan dikurung di dalam gua, dan siapa pun yang melakukan kontak mata dengan Gorgon akan berubah menjadi batu.

Perseus Menerima Hadiah dari Para Dewa

Perseus mendapat bantuan dari para dewa dalam pencariannya untuk menemukan dan memenggal kepala Medusa. Hades, dewa dunia bawah, memberi Perseus topi tembus pandang. Hermes, dewa perjalanan, memberi Perseus sepasang sandal bersayap. Athena, dewa wanita, memberi Perseus perisai perunggu reflektif, dan Hephaestus, dewa api dan bengkel, memberi Perseus pedang.