Asclepius, Dewa Pengobatan Yunani yang Mendapat Ilmu dari Ular

By Sysilia Tanhati, Sabtu, 4 Februari 2023 | 13:00 WIB
Meski tidak terlalu dikenal, dewa mitologi Yunani, Asclepius memiliki kemampuan yang luar biasa. Ia memiliki karunia penyembuh dan sering dikaitkan dengan ular, tongkat, serta Medusa. (Rijksmuseum)

Nationalgeographic.co.id - Asclepius adalah salah satu dewa mitologi Yunani yang kurang dikenal. Meski demikian, ia memiliki peran yang sangat penting untuk dimainkan.

Sang dewa dianugerahi karunia penyembuhan yang luar biasa sehingga ia mampu menyelamatkan nyawa banyak orang.

Asclepius, sang dewa pengobatan dan penyembuhan Yunani kuno ini dikaitkan dengan ular dan Medusa. Konon, ia mendapatkan ilmu penyembuhan dari ular. Bagaimana kisahnya?

Karunia luar biasa Asclepius

“Selain menyembuhkan mereka yang sakit bahkan menghidupkan kembali orang mati,” tulis Charlotte David di laman The Collector.

Ia sering digambarkan sedang memegang tongkat dengan ular melingkar di sekitarnya. Konon, ular dan tongkat ini adalah simbol kekuatan penyembuhannya yang luar biasa.

Selama berabad-abad, keduanya menjadi lambang pengobatan yang meremajakan. Hari ini, ular dan tongkat bahkan menjadi logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Akan tetapi mengapa orang Yunani mengasosiasikan Asclepius dengan ular? Ada beberapa teori mengenai hal itu.

Asclepius mempelajari kekuatan penyembuhan dari seekor ular

Di zaman modern, ular menjadi salah satu hewan yang ditakuti oleh banyak orang. Namun lain halnya dengan orang Yunani kuno. Daya tarik ular bagi orang Yunani kuno mungkin tampak sedikit aneh bagi kita hari ini.

Namun bagi orang Yunani kuno, ular adalah binatang Ilahi, misterius, dan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan. Itulah sebabnya mengapa Asclepius ingin mendapatkan ilmu sebanyak mungkin dari binatang Ilahi itu.

Dalam satu legenda, Asclepius membunuh seekor ular. “Ia kemudian menyaksikan ular lain datang dan memberikan tumbuhan ke ular mati untuk menghidupkannya kembali,” kata Davis.