Berapa Energi dan Emisi yang Bisa Dihemat Lewat Bekerja dari Rumah?

By Utomo Priyambodo, Jumat, 3 Maret 2023 | 09:00 WIB
Berdasarkan analisis oleh Jonathan Dingel dan Brent Neiman di University of Chicago serta penelitian oleh Organisasi Perburuhan Internasional dan lainnya, diperkirakan bahwa sekitar 20% pekerjaan secara global berpotensi dilakukan dari rumah. Ini berdampak pada penghematan energi dan pengurangan emisi karbon. (RawPixel)

Nationalgeographic.co.idBekerja dari rumah dapat menghemat energi dan mengurangi emisi. Tapi seberapa banyak?

Saat krisis Covid-19 menyebar ke seluruh dunia, banyak orang mulai bekerja dari rumah. Ini berdampak langsung pada penurunan penggunaan energi, terutama di sektor transportasi.

Lalu muncullah sebuah pertanyaan besar. Sebenarnya apa implikasinya terhadap penggunaan energi dan emisi gas rumah kaca jika banyak orang terus bekerja dari rumah secara teratur di tahun-tahun mendatang?

Pemodel energi Daniel Crow dan Ariane Millot dari World Energy Outlook (WEO) pernah menganalisis bahwa bagi orang-orang yang bepergian dengan mobil, bekerja dari rumah cenderung mengurangi jejak karbon dioksida (CO2). Hal ini terutama jika perjalanan mereka ke tempat kerja lebih dari 6 kilometer.

Namun, untuk perjalanan singkat dengan mobil atau yang dilakukan dengan transportasi umum, bekerja dari rumah dapat meningkatkan emisi CO2 karena konsumsi energi rumahan yang ekstra.

"Dengan menganalisis tren komuter dan data pasar tenaga kerja, kami menemukan bahwa jika setiap orang yang dapat bekerja dari rumah di seluruh dunia melakukannya hanya satu hari dalam seminggu, ini akan menghemat sekitar 1% konsumsi minyak global untuk transportasi penumpang jalan raya per tahun," tulis Crow dan Millot di laman International Energy Agency (IEA).

"Mempertimbangkan peningkatan ini akan membawa penggunaan energi oleh rumah tangga, dampak keseluruhan pada emisi CO2 global akan menjadi penurunan tahunan sebesar 24 juta ton (Mt) – setara dengan sebagian besar emisi CO2 tahunan Greater London," ungkap mereka.

Baca Juga: WFH Tiga Hari Sepekan Lebih Hemat Energi dari Beralih ke Mobil Listrik

Baca Juga: Pengalaman WFH Ternyata Tidak Sama Pada Pasangan Suami Istri

Baca Juga: Bekerja Dari Rumah, Berikut Cara Mengatur Tim Agar Tetap Produktif 

Ini adalah penurunan yang mencolok, tetapi kecil dalam konteks pengurangan emisi yang akan diperlukan untuk menempatkan dunia pada jalur menuju pemenuhan tujuan utama energi dan iklim berkelanjutan jangka panjang.

Namun jika setiap orang yang dapat bekerja dari rumah melakukannya lebih dari satu hari dalam seminggu, pengurangan emisi kemungkinan besar akan lebih besar secara proporsional.