Menyingkap Para Viking yang Kurang Dikenal Tapi Sangat Penting

By Tri Wahyu Prasetyo, Sabtu, 11 Maret 2023 | 12:00 WIB
Ilustrasi Raja Viking. (muratgul/Devian Art)

Nationalgeographic.co.id - Dari perspektif sejarah, Cnut the Great terkenal sebagai raja Inggris dan Denmark. Di antara yang lainnya, ada juga Harlad Hardrada, yang dikenal banyak orang akan kekejamannya, yang kemudian dianggap menjadi tipikal Prajurit Viking bagi sebagian orang.

Film serial Ragnar Lodbrok juga telah berhasil membuat Lodbrok dan keluarganya dikenal oleh banyak orang. Faktanya, ada beberapa tokoh yang kurang terkenal, padahal sangat penting dalam sejarah Viking.

Óláfr Haraldsson

Saint Olaf di gereja Överselö. (Public Domain/ Wikimedia Commons)

Óláfr sangat terkenal di Norwegia modern, ia adalah santo pelindung negara. Namun, di tempat lain nama ini mungkin kurang familiar. 

Óláfr adalah raja Norwegia pada awal abad ke-11, tetapi dia kemudian terlibat dalam perang dengan Cnut untuk berebut kekuasaan. Hal ini akhirnya menyebabkan perang saudara dan kematiannya dalam pertempuran di Stiklestad, Norwegia pada tahun 1030.

Melihat insiden itu, mungkin sebagian orang akan melihat bahwa Óláfr tidak berhasil dalam pemerintahannya. Namun setelah pemakamannya, ia dikaitkan dengan sejumlah keajaiban.

Saat kisah-kisahnya mulai menjamur di tengah masyarakat, Óláfr semakin menjadi individu yang dihormati. Akhirnya, ia di-kanonisasi oleh gereja. Seiring waktu, Viking secara keseluruhan berevolusi dari pendukung kuat agama pagan menjadi orang Kristen yang sangat yakin.

Dalam beberapa dekade setelah kematian Óláfr, gereja yang didedikasikan untuknya bermunculan di seluruh Eropa. 

Aud Ketilsdatter

Aud Ketilsdatter juga dikenal sebagai Unn atau Unnur Ketilsdottir (alchetron)

Aud Ketilsdatter atau Aud the Deep-Minded adalah wanita Viking terkemuka dari akhir abad ke-9. Ia adalah putri dari Ketill Flatnose, Viking terkemuka pada masa itu.