Raja Si Zhu dari Dinasti Xia, Penemu Baju Besi di Kekaisaran Tiongkok

By Wawan Setiawan, Minggu, 12 Maret 2023 | 10:00 WIB
Raja Si Zhu, raja ke-7 Dinasti Xia. Terkenal sebagai penemu baju besi. (iNEWS)

Nationalgeographic.co.id - Historiografi Tiongkok umumnya menyajikan sejarah Tiongkok melalui kacamata berbagai dinasti.

Dinasti paling awal yang dibuktikan secara historis adalah Dinasti Shang, yang muncul sekitar tahun 1600 SM. Namun, sejarah tradisional Tiongkok berbicara tentang Dinasti Xia yang ada sebelum Shang.

Banyak cendekiawan modern, baik Barat maupun Cina, telah mempertanyakan keberadaan Xia, mencatat bahwa banyak karakteristik yang terkait dengan Dinasti Xia hanyalah kebalikan dari Shang, sehingga mengarah pada kepercayaan bahwa Xia diciptakan sebagai semacam pelapis untuk Shang.

Meskipun demikian, apakah ada dinasti dan negara atau tidak, ada bukti pertanian dan organisasi sosial yang maju di Tiongkok sejak beberapa ribu tahun sebelum Shang.

Menurut sejarah tradisional Tiongkok, “Di antara tahun 2200 SM dan 2000 SM,… seorang pahlawan legendaris bernama Yu menjinakkan banjir Sungai Kuning dan mendapatkan mandat untuk menjadi kaisar pendiri dinasti Xia, yang pertama di negara itu.”

"Banjir besar menempati tempat sentral dalam beberapa cerita tertua di dunia," tulis David Thompson dari University of Washington, Seattle dalam komentar pendamping di Science.

Dinasti Xia adalah yang pertama dari banyak keluarga penguasa Tiongkok kuno, yang diperkirakan ada sekitar tahun 2070 SM sampai 1600 SM. Namun keberadaan sebenarnya dari dinasti dan budaya ini telah diperdebatkan.

Bukti pertama dari banjir Cina yang legendaris ditemukan dalam penggalian arkeologi di dekat lembah Sungai Kuning di Cina dari 4.000 tahun yang lalu diyakini terkait dengan keberadaan Dinasti Xia. Selain itu ditemukan ada empat belas kerangka korban tewas akibat gempa, di Gua situs Lajia yang digali pada tahun 2000. (Cai Linhai)

Banyak peneliti telah melihat dinasti Xia sebagai periode pemerintahan semi-mitos, yang ditemukan oleh dinasti Zhou kemudian untuk membenarkan penggulingan mereka atas dinasti Shang, yang diduga menggulingkan dinasti Xia.

Raja Xia pertama, Yu, dikatakan telah memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh banjir besar, dan dengan cara inilah dia mencapai Mandat Surga (hak Ilahi untuk memerintah).

Dinasti Xia menghasilkan apa yang akan menjadi dasar pemerintahan Tiongkok, yaitu suksesi keluarga, dengan anak laki-laki mengikuti ayah naik takhta.

Dinasti Xia digulingkan pada tahun 1600 SM. oleh pemimpin Shang pertama. Mengingat bahwa keberadaan Dinasti Xia masih diperdebatkan, Dinasti Shang terkadang dianggap sebagai dinasti pertama di Tiongkok.