Nationalgeographic.co.id - Sudah tidak asing lagi, ganja dan penjahat adalah identik saat ini di banyak negara. Meskipun ganja terus-menerus menenun ke sisi hukum yang ‘benar’ dalam beberapa tahun terakhir, tetapi orang-orang yang terlibat dengannya sering kali dikaitkan dengan hal-hal yang negatif.
Memang, sisi “kriminal” dari ganja itu sendiri sebenarnya masih baru. Sebab, perlu diketahui, dalam sejarah ia memiliki nama sebutan lain yang justru berperan bagi banyak orang.
Rami, demikian sebutannya. Rami telah lama menjadi bagian dari praktik pengobatan dan spiritual di berbagai budaya sepanjang sejarah. Agama terkemuka yang menghargai ganja adalah Taoisme (atau, Daoisme) di Tiongkok kuno. Orang Tiongkok bahkan memiliki penjaga untuk tanaman ini; namanya Magu.
Dianggap di Asia Timur kuno, tanaman ini setara dengan ambrosia dewa-dewa Yunani, rami telah lama disebut sebagai "ramuan kehidupan". Asosiasi dewi Magu dengan ganja terutama terletak pada penggunaannya sebagai tanaman penyembuhan. Ini karena sebagian besar cerita mitologis Magu berputar di sekitar cara dia membantu orang miskin dan orang sakit.
Baik sebagai dewi langsung, atau sebagai pendeta wanita dari dewa penyembuhan yang tidak disebutkan namanya. Magu mengambil peran Ilahi yang lebih definitif dalam sastra kuno Korea, tetapi inti dari orangnya tetap relatif sama.
Di seluruh Tiongkok, Jepang, dan Korea, Magu (atau Ma Gu, MaKu, Mako) digambarkan sebagai wanita muda yang cantik, yang berusia tidak lebih dari 18 atau 19 tahun (dalam tahun manusia).
Kemudaan dan kecantikannya adalah simbol kesehatan dan penyembuhan alam semesta yang diyakini dia lindungi. Dia adalah penjaga vitalitas di seluruh Asia Timur, tidak hanya di dunia manusia tetapi juga siklus bumi.
Magu secara teratur dianggap mengesampingkan musim dingin demi flora dan fauna. Di Korea, peran Magu diangkat dari dewi menjadi dewa Pencipta, mirip dengan dewi Shinto Jepang Amaterasu, dan kemampuannya diperluas untuk menggabungkan penciptaan dunia dan manusia.
Sementara Magu memiliki banyak pengikut etnis, penulis Tiongkok tampaknya paling bertekad melestarikan mitologinya. Magu lebih menonjol ditampilkan dalam seni Tiongkok juga, memungkinkan seseorang untuk memahami kepribadian Tionghoa-nya dan dengan demikian membandingkannya dengan bentuk lainnya.
Meskipun Korea menganggapnya sebagai dewa pencipta, penganut Tao Tiongkok percaya Magu memiliki pendidikan yang fana. Versi paling kohesif dari kisah ini menyatakan bahwa Magu menjalani kehidupan yang miskin di abad ke-5 dan ke-6 yang dilanda perang, bekerja sebagai penjahit.
Tidak disebutkan ibunya, tetapi ayahnya adalah seorang peternak kuda. Dia dan Magu bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan.
Source | : | Ancient Origins |
Penulis | : | Wawan Setiawan |
Editor | : | Warsono |
KOMENTAR