Bagaimana Bangsa Etruria Memengaruhi Kebudayaan Orang Romawi Kuno?

By Sysilia Tanhati, Jumat, 31 Maret 2023 | 14:00 WIB
Hanya sedikit yang diketahui soal orang Etruria. Namun ternyata, bangsa Etruria memengaruhi kebudayaan Romawi kuno dalam banyak hal. (Giovanni Paolo Panini)

Nationalgeographic.co.id—Bangsa Etruria mungkin termasuk bangsa yang penuh misteri. Kerap dianggap sebagai tetangga orang Romawi, namun tidak banyak orang yang mengetahui seperti apa kehidupan orang Etruria ini. Atau bagaimana pengaruh mereka terhadap kebudayaan Romawi kuno?

Kebenaran yang mengejutkan adalah bangsa "misterius" ini memiliki dampak mendalam dan bertahan lama di dunia barat lainnya. Orang Etruria sangat terlibat dalam perkembangan Romawi awal. "Bahkan banyak fitur budaya Romawi yang paling terkenal dapat ditelusuri kembali ke zaman Etruria," tulis Caleb Howells di laman The Collector.

Kebiasaan Etruria yang diadopsi oleh bangsa Romawi

Salah satu kebiasaan paling mendasar yang dimiliki suatu bangsa adalah kebiasaan menulis. Bahkan dalam aspek mendasar ini, orang Romawi berhutang budi kepada Etruria. Orang Etruria mengadopsi alfabet mereka dari orang Yunani, baik secara langsung atau melalui orang Frigia. Dari bangsa Etruria, bangsa Romawi mulai berlatih menulis. Bangsa Romawi menggunakan abjad yang sama pada abad ketujuh Sebelum Masehi.

Bagian mendasar lain dari masyarakat yang dipengaruhi oleh Etruria adalah gaya pakaian orang Romawi. Toga merupakan bagian yang sangat khas dari pakaian Romawi. Diyakini bahwa pakaian ini berasal dari tebenna Etruscan, jubah panjang yang menutupi bahu kiri dan melilit batang tubuh. Tebenna juga memiliki garis-garis, yang juga diadopsi oleh orang Romawi untuk toga mereka.

Banyak tradisi dan perayaan Romawi juga berasal dari Etruria. Misalnya, pertarungan gladiator Romawi yang terkenal diyakini berasal dari kebiasaan Etruria. Orang Etruria mengadakan upacara pemakaman yang melibatkan pertempuran dan seringkali mematikan. Contohnya terlihat di Makam Para Augur di Tarquinia, tertanggal abad keenam Sebelum Masehi.

“Bangsa Romawi mengadopsi praktik upacara pemakaman tersebut dan akhirnya berkembang menjadi pertarungan gladiator yang terkenal,” tambah Howells.

Pengaruh teknik dan arsitektur Etruria di budaya Romawi

Orang Etruria juga memengaruhi teknik dan arsitektur Romawi. Bangsa Romawi terkenal di dunia barat karena keterampilan arsitektur mereka yang luar biasa. Lihat saja Colosseum dan saluran air yang masih digunakan hingga kini di Eropa.

Faktanya, dasar pencapaian arsitektur ini berasal dari desain atau pengetahuan yang diambil dari bangsa Etruria.

Teknik hidrolik Romawi yang terkenal adalah salah satunya. Sama seperti orang Romawi, orang Etruria adalah insinyur hebat yang mampu menciptakan banyak hal untuk kenyamanan. Banyak spa Etruria telah ditemukan, serta bendungan dan area pertanian beririgasi.

Banyak teknik bangsa Romawi yang diadaptasi dari orang Etruria. Salah satunya adalah saluran air yang bertahan ribuan tahun hingga kini. (Andrea Jaime)