Studi Iklim: Ada Hubungan Unik Olahraga Baseball dan Pemanasan Global

By Ricky Jenihansen, Minggu, 9 April 2023 | 08:00 WIB
Ilmuwan menemukan pemanasan global meningkatkan jumlah home run. (The Pecan Park Eagle)

Nationalgeographic.co.id - Studi baru ilmuwan Dartmouth University menemukan hubungan unik antara olahraga dan perubahan iklim. Mereka menunjukkan bahwa home run menjadi lebih sering dalam dunia baseball.

Suhu yang lebih hangat akibat perubahan iklim menghasilkan lebih banyak home run di Major League Baseball, menurut studi tersebut. Mereka memperkirakan, home run baseball akan meningkat 10 persen dalam 80 tahun ke depan.

Home run dalam baseball—bola yang dipukul keluar dari lapangan permainan, telah meningkat sejak 1980, mendorong perubahan strategis dalam cara bermain.

Banyak faktor yang mungkin menjelaskan tren ini, dengan beberapa berspekulasi bahwa pemanasan global telah berkontribusi melalui pengurangan kepadatan udara rata-rata, tulis para peneliti.

"Ada mekanisme fisik yang sangat jelas yang berperan di mana suhu yang lebih hangat mengurangi kepadatan udara," kata anggota tim penulis studi Justin Mankin, asisten profesor geografi di Dartmouth University di New Hampshire, dalam pernyataannya yang diterima Live Science.

"Baseball adalah permainan balistik, dan bola yang dipukul akan terbang lebih jauh di hari yang hangat."

Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, tim ilmuwan memeriksa data dari lebih dari 100.000 gim Major League Baseball yang dimainkan antara tahun 1962 dan 2019, dan 220.000 hit individu antara tahun 2015 dan 2019.

"Di sini kami menggunakan pengamatan dari 100.000 pertandingan Major League Baseball dan 220.000 bola yang dipukul individu untuk menunjukkan bahwa suhu yang lebih tinggi secara substansial meningkatkan home run," tulis para peneliti.

"Kami mengisolasi pemanasan yang disebabkan oleh manusia dengan model iklim, menemukan bahwa lebih dari 500 home run sejak 2010 disebabkan oleh pemanasan historis."

Temuan mereka tersebut telah diterbitkan secara daring di jurnal Bulletin of the American Meteorological Society pada 7 April 2023. Makalah tersebut dipublikasikan dengan judul "Global warming, home runs, and the future of America’s pastime."

Hasil analisis mereka menunjukkan bahwa antara tahun 2010 dan 2019, lebih dari 500 home run dapat dikaitkan dengan suhu yang lebih tinggi dari rata-rata akibat pemanasan global, dengan rata-rata 58 home run tambahan per musim, menurut penelitian.

Beberapa ratus home run tambahan per musim diproyeksikan karena pemanasan di masa akan datang. Adaptasi seperti membangun kubah di stadion atau mengalihkan permainan siang hari ke permainan malam mengurangi efek suhu pada olahraga populer di Amerika tersebut.