Penemuan Fosil Mengungkap Spesies Baru Kelelawar Tertua di Wyoming

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 15 April 2023 | 15:40 WIB
Meskipun usia pastinya tidak pasti, dua kerangka Icaronycteris gunnelli dianggap lebih tua dari kelelawar mana pun yang ditemukan sebelumnya. (Natural History Museum)

Nationalgeographic.co.id - Tim ilmuwan dari American Museum of Natural History mengumumkan telah menemukan fosil kelelawar tertua yang pernah diketahui hingga saat ini. Fosil tersebut merupakan kelelawar yang pernah hidup di Wyoming 52 juta tahun yang lalu.

Temuan tersebut telah dideskripsikan di jurnal PloS One belum lama ini. Makalah tersebut dipublikasikan dengan judul "The oldest known bat skeletons and their implications for Eocene chiropteran diversification" yang bisa didapatkan secara daring.

Fosil berusia 52 juta tahun itu mendukung gagasan bahwa kelelawar telah terdiversifikasi dan berkembang biak dengan cepat di banyak benua selama zaman Eosen sekitar 55,8 hingga 33,9 juta tahun yang lalu.

Zaman Eosen meruakan kala kedua pada periode Paleogen di era Konozoikum. Era tersebut berlangsung mulai dari akhir zaman Paleosen hingga awal Oligosenn.

Penelitian tersebut dipimpin oleh para peneliti di American Museum of Natural History dan Pusat Keanekaragaman Hayati Naturalis di Belanda.

Untuk diketahui, ada lebih dari 1.460 spesies kelelawar hidup yang ditemukan di hampir setiap bagian dunia, kecuali daerah kutub dan beberapa pulau terpencil.

Di Formasi Sungai Hijau Wyoming, endapan fosil yang luar biasa dari zaman Eosen awal, para ilmuwan telah menemukan lebih dari 30 fosil kelelawar dalam 60 tahun terakhir, tetapi sampai sekarang mereka dianggap mewakili dua spesies yang sama.

Endapan Danau Fosil dari Formasi Sungai Hijau Wyoming, Lagerstätte Eosen awal yang luar biasa, telah menghasilkan hampir 30 fosil kelelawar selama 50 tahun terakhir. Namun, keragaman sejauh ini terbatas hanya pada dua spesies kelelawar purba.

“Kelelawar zaman Eosen telah dikenal dari Formasi Sungai Hijau sejak tahun 1960-an. Namun yang menarik, sebagian besar spesimen yang keluar dari formasi tersebut diidentifikasi mewakili spesies tunggal, indeks Icaronycteris, hingga sekitar 20 tahun yang lalu, ketika spesies kelelawar kedua milik genus lain ditemukan," kata anggota tim penulis studi Nancy Simmons.

"Di sini, kami mendeskripsikan spesies baru Icaronycteris berdasarkan dua kerangka artikulasi yang ditemukan di Tambang Fosil Amerika di barat laut Kemmerer, Wyoming."

"Posisi stratigrafi relatif dari fosil-fosil ini menunjukkan bahwa mereka adalah kerangka kelelawar tertua yang ditemukan hingga saat ini di mana pun di dunia."

Simmons adalah kurator yang bertanggung jawab dari Departemen Mamalia Museum, yang membantu menggambarkan spesies kedua pada tahun 2008. "Saya selalu menduga bahwa pasti ada lebih banyak spesies di sana," kata Simmons.