Sisi Gelap Makhluk Mitologi Putri Duyung, Suka Mengorbankan Manusia

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 12 Mei 2023 | 11:00 WIB
Putri duyung adalah makhluk mitologi setengah wanita mempunyai sisi gelap suka mengorbankan manusia. (History extra)

Nationalgeographic.co.id—Putri duyung adalah makhluk mitologi setengah gadis dan setengah ikan atau ular laut. Wanita-wanita ini sering dikenal misterius sekaligus mempesona. Namun tahukah Anda? mereka memiliki sisi gelap dan suka membuat kerusakan hingga mengorbankan manusia. 

Putri duyung dikenal sebagai makhluk yang mewujudkan dualitas laut. Karena air lautan bisa lembut dan merusak, begitu pula sifat putri duyung. Gadis-gadis ini diketahui telah menyebabkan banyak kerusakan dan kehancuran dengan mengorbankan manusia. Namun, ada kalanya putri duyung sangat membantu manusia.

Beberapa mitologi dalam budaya tutur berkisah tentang putri duyung yang telah menyelamatkan para pelaut dan kapal mereka selama badai. Legenda mitologi lain atau telah membantu manusia menyembuhkan penyakit yang tidak diketahui oleh peradaban sebelumnya.

Mereka adalah makhluk laut dan diketahui menghabiskan sebagian besar hidup mereka di lingkungan ini. Meskipun demikian, beberapa cerita mengklaim bahwa ada putri duyung yang memiliki kemampuan untuk hidup di darat dan laut. Hal ini sering dilakukan dengan melepaskan ekor atau kulit ikan mereka dan menyembunyikannya saat berada di darat. 

Beberapa dari ekor ini diduga dicuri oleh manusia yang ingin menikahi gadis-gadis ini. Ada banyak legenda manusia yang memaksa putri duyung menikah dengan cara ini, hanya untuk putri duyung menemukan ekornya bertahun-tahun kemudian dan melarikan diri kembali ke laut.

Ada ratusan cerita tentang putri duyung yang telah diwariskan selama bertahun-tahun, namun menurut sejarawan putri duyung pertama diyakini berasal dari mitologi Asiria kuno.

Model cerita ini diadopsi oleh banyak budaya lain yang ingin menggabungkan sosok dewi mereka dengan kekuatan dan keindahan putri duyung.

Putri Duyung, Baik atau Jahat?

Meskipun tidak dapat disangkal bahwa putri duyung adalah salah satu makhluk paling menarik dari mitologi, pertanyaan tentang niat makhluk ini masih tetap ada.

Ada banyak laporan tentang budaya yang memiliki semacam interaksi positif dengan makhluk-makhluk ini, tetapi masih banyak lagi yang menceritakan tentang sifat mengerikan dan destruktif dari makhluk-makhluk ini.

Putri duyung sering diketahui menyeret manusia ke kedalaman lautan, membunuh mereka dalam prosesnya. Meskipun ada beberapa kasus di mana tindakan ini tidak diragukan lagi disengaja, ada kasus lain yang membuat manusia mempertanyakan apakah mereka benar-benar bermaksud membunuh manusia yang mereka seret ke dalam air. 

Hal ini mungkin dari kisah putri duyung yang tampaknya ramah yang membunuh manusia dengan menyeret mereka ke bawah.