Dinasti Han Memanfaatkan Konfusius untuk Menguasai Kekaisaran Tiongkok

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 20 Mei 2023 | 13:00 WIB
Penguasan Han, saat menguasai Kekaisaran Tiongkok, memanfaatkan filsuf Konfusius, memunculkan retorika bahwa kaisar adalah putra surga. (China Connect University)

Nationalgeographic.co.id - Perspektif baru oleh para ilmuwan di Penn State University mengungkapkan, bagaimana penguasa Han menggunakan retorika untuk membangun dan memeliharan Kekaisaran Tiongkok. Para ilmuwan di Penn State University menggunakan pendekatan "ruang ketiga", dengan mempelajari teks-teks dari lensa budaya Tiongkok kuno dan Barat.

"Teks-teks Tiongkok kuno dapat menawarkan wawasan tentang isu-isu kontemporer jika diperiksa dari perspektif yang benar," menurut Xiaoye You, Profesor Seni Liberal Studi Bahasa Inggris dan Asia di Penn State University.

Buku baru You, Genre Networks and Empire: Retoric in Early Imperial China, mengkaji surat, dekrit pengadilan, komentar, dan dokumen lain dari dinasti Han (206 SM hingga 220 M).

“Jika Anda mempelajari retorika Tiongkok kuno hanya dari perspektif Barat, Anda cenderung melihat apa yang sudah ada dalam pikiran Anda,” kata You.

“Tidak dapat dihindari untuk membawa perspektif Amerika atau Barat, tetapi untuk memahami retorika Tiongkok kuno, perlu masuk ke perspektif Tiongkok kuno sebanyak mungkin dan menggunakan istilah, konsep, dan logika mereka."

"Perspektif yang saya gunakan untuk menulis tentang teks non-Barat di Amerika Serikat tidak sepenuhnya Amerika, tidak sepenuhnya Tiongkok, tetapi ruang ketiga yang memungkinkan kedua perspektif itu bersatu.”

Riset tersebut, kata You, dapat membantu menjelaskan isu-isu kontemporer.

Pertanyaan legitimasiKetika Han berkuasa di Kekaisaran Tiongkok, orang-orang biasa menemukan para penguasa Han memerintah sebuah kerajaan yang pada puncaknya mencakup wilayah hampir setengah ukuran Amerika Serikat.

Dinasti Han adalah penguasa kekaisaran Tiongkok yang kedua dan berkuasa antara 202 SM hingga 220 SM. Gelar kaisar datang dengan banyak tanggung jawab dan tekanan, terutama terkait pertanyaan melegitimasi kekuasaan kekaisaran Tiongkok.

“Sering kali, kaisar Han menulis pengumuman yang berbunyi: 'Saya tertidur larut malam dan bangun pagi."

"Saya bekerja sangat keras. Masih ada tanda-tanda, seperti gempa bumi dan kelaparan, yang memberi tahu saya bahwa saya tidak melakukan pekerjaan saya dengan cukup baik."

"Di mana legitimasi saya?'” kata You. “Itu adalah pertanyaan yang harus dijawab oleh Partai Komunis Tiongkok hari ini.