Ada Banyak Versi, Inilah Kisah Manusia Pertama dalam Mitologi Tiongkok

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Sabtu, 3 Juni 2023 | 10:00 WIB
Fuxi (kiri) dan Nuwa (kanan) dalam lukisan kain sutra dari masa Dinasti Tang. Mereka adalah tokoh utama dari berbagai versi mitologi Tiongkok tentang manusia pertama. (Chinese History Museum)

Nationalgeographic.co.id—Dalam mitologi Tiongkok, penciptaan manusia punya berbagai versi. Disebutkan, manusia diciptakan dari salah satu kutu yang keluar dari mayat makhluk hidup pertama, Pangu. Versi lain bahkan mengatakan bahwa Pangu adalah dewa.

Menurut kepercayaan, Pangu sendiri muncul dari kekacauan sebelum dunia terbentuk. Kekacauan itu berbentuk seperti telur kosmik. Dia menggunakan pengetahuan filosofi Yin dan Yang untuk memisahkan bumi dan langit. 

Pangu bersemayam di langit dan mengatur benda-benda yang beredar. Pada bumi, ia memisahkan daratan dan lautan, juga lembah dan gunung.

Versi lain mitologi Tiongkok menyebut dunia tercipta setelah Pangu wafat setelah memisahkan langit dan bumi. Dia harus memegang langit selama 18.000 tahun, dan meninggal karena lelah. Tubuhnya membuat kehidupan di dunia tercipta, salah satunya manusia dari kutunya.

Benda-benda lain seperti matahari berasal dari mata kiri Pangu, dan yang kanan menjadi bulan. Darahnya menjadi sungai, tubuhnya menjadi tanah yang subur, tulangnya menjadi bebatuan, dan rambut menjadi tumbuhan dan pepohonan. Manusia dan hewan muncul setelah semuanya telah siap.

Mitologi Tiongkok tidak tunggal. Ia punya versi lain tentang penciptaan manusia. Versi lain mengungkapkan bahwa Fuxi dan Nuwa, sepasang dewa penting dalam kepercayaan Tiongkok dan Taoisme, menciptakan manusia dengan berbagi tugas.

Fuxi mengenalkan pengetahuan dan inovasi yang bermanfaat bagi umat manusia. Sedangkan, Nuwa menyelamatkan manusia dari berbagai bencana.

Keduanya pun dihormati dan dipuja sebagai orang Tionghoa sejak zaman kuno. Acap kali, dianggap sebagai dua dari Tiga Penguasa. Tiga Penguasa punya berbagai versi. Versi yang menyebutkan keduanya, disandingkan dengan Shennong (Dewa Pertanian).

Dalam mitologi Tiongkok yang paling terkenal, Nuwa menciptakan manusia dari tanah liat. Fuxi hanya menjadi asistennya. Awalnya, Nuwa ingin menciptakan manusia karena ia merasa kesepian sehingga memutuskan untuk menciptakan makhluk dari lumpur.

Tidak hanya manusia, Nuwa juga menciptakan berbagai jenis binatang yang berbeda. Enam hari pertama, secara berturut-turut menciptakan ayam, anjing, babi, domba, sapi, dan kuda. Manusia baru diciptakan pada baru pada hari ketujuh. Makanya, peringatan ini dirayakan sebagai Renri atau Hari Manusia pada hari ketujuh setelah tahun baru Imlek.

Saking banyaknya manusia yang harus Nuwa ciptakan, tidak semuanya berasal dari tanah liat. Tangannya sakit, sehingga ada yang diciptakan dari seutas tali yang dicelupkan ke lumpur dan diayunkan. Ayunan itu menyebabkan gumpalan lumpur lengket terbentuk di sekitarnya.

Raksasa pertama yang diciptakan dari kekacauan berbentuk telur, Pangu. Dia yang memisahkan langit dan bumi, yang kemudian tewas karena harus menahan langit selama 18.000 tahun lamanya. Dari jasadnya lahirlah unsur-unsur kehidupan, termasuk manusia dan hewan. (Wellcome Collection)