Kapal Raksasa Syracusia Bukti Kemajuan Teknologi dalam Sejarah Kuno

By Galih Pranata, Jumat, 16 Juni 2023 | 11:00 WIB
Penggambaran Syracusia oleh N Witsen. Kapal raksasa yang menjadi bukti kemajuan teknologi dalam sejarah kuno. (History of Yesterday)

Nationalgeographic.co.id—Kehidupan kemaritiman telah melampaui beragam hal kompleks yang mungkin tidak terduga. Sebagaimana sejarah kuno mencatat beberapa kapal raksasa dari satuan militer angkatan laut, seperti Syracusia. 

Dibangun di Syracuse kuno pada masa pemerintahan tiran Yunani, Hiero II, Syracusia dibangun sebagai bukti kecakapan teknologi kemaritiman dalam sejarah kuno.

"Kapal itu memiliki fitur-fitur yang luar biasa, membuktikannya sebagai kapal angkatan laut terbesar dalam sejarah kuno," tulis Andrei Tapalaga kepada History of Yesterday dalam artikelnya Syracusia: The Biggest Naval Ship In Ancient History, terbitan 8 Juni 2023.

"(Kapal) Syracusia adalah gagasan Hiero II, penguasa Syracuse dari 270 hingga 215 SM," imbuhnya. Hiero II menugaskan pembangunan kapal angkatan laut kolosal yang akan meninggalkan kesan abadi dari peradaban sejarah kuno.

Tidaklah lain orientasinya politis sebagai caranya melegitimasi kekuasaannya, karena kekuatan dan keagungan kerajaannya. Proyek ini merupakan pekerjaan besar, membutuhkan perencanaan yang cermat, pengerjaan yang terampil, dan sumber daya yang banyak.

Untuk membuat kapal angkatan laut raksasa dan terbesar pada masanya, para pembuat Syracusia menerapkan teknik desain yang inovatif. Panjang kapal Syracusia sekitar 134 meter, dengan lebar sekitar 18 meter.

Fitur di dalamnya terdiri dari kabin, tempat tinggal, dan bahkan taman dengan pepohonan dan tanaman-tanaman yang indah. Ukuran kapal yang mengesankan dengan fitur-fitur mewah merupakan bukti kemampuan pembuatan kapal canggih dari Syracuse kuno.

Pembangunan Syracusia membutuhkan kolaborasi yang signifikan dan mobilisasi sumber daya yang besar. Pengrajin, insinyur, dan pekerja terampil bekerja dengan giat selama berminggu-minggu demi mewujudkan visi dan ide gila Hiero II.

Proyek ini juga membutuhkan pengadaan kayu, logam, dan bahan lain yang melimpah dari berbagai wilayah Mediterania. Upaya kolaboratif ini memproyeksikan kekuatan dan pengaruh Syracuse kuno dan kemampuannya untuk melaksanakan proyek konstruksi paling ambisius sepanjang sejarah kuno.

Syracusia bukan hanya kapal angkatan laut, tetapi juga istana terapung yang cocok untuk seorang raja. Interiornya yang mewah menampilkan kabin yang didekorasi secara menawan, ruang makan yang nyaman, dan ruang rekreasi yang menyenangkan.

Kapal itu menampung sang raja, Hiero II beserta para pengikut dan pelayan istananya. Syracusia memberikan semua kenyamanan dan kemewahan yang diharapkan lebih dari sekadar kediaman megah.

Dimasukkannya taman dengan tumbuh-tumbuhan hidup memamerkan desain kapal yang luar biasa dan berfungsi sebagai simbol kemewahan dan kemakmuran peradaban Syracuse Kuno yang dipimpin Hiero II.