Dunia Hewan: Rekor Dunia, Ikan Lele di Italia Panjangnya Tiga Meter

By Ricky Jenihansen, Rabu, 21 Juni 2023 | 15:23 WIB
Lele Wels (Silurus glanis) tumbuh subur di perairan hangat Sungai Po di Italia dan menjadikannya ikan lele terbesar dalam dunia hewan. (Alessandro Biancardi)

Nationalgeographic.co.id - Seekor ikan lele yang berukuran hampir 3 meter di Italia tiba-tiba menghebohkan dunia hewan. Ikan lele tersebut telah memecahkan rekor dunia yang baru saja ditetapkan sekitar 2 bulan lalu.

Dilaporkan belum lama ini, seorang pemancing di Italia telah menangkap ikan lele raksasa di air keruh Sungai Po, di Italia. Sungai Po merupakan sungai terpanjang dan sungai utama di Italia dengan luas aliran sekitar 71.000 km persegi.

Raksasa berkulit pualam dan berkumis ini, telah mengintai di air keruh sungai terpanjang di Italia itu. Behemoth ini jelas adalah target berharga bagi para pemancing.

Sekarang, seorang nelayan di Italia belum lama ini dilaporkan telah menangkap individu yang sangat besar itu. Dan ini, dalam dunia hewan, mungkin yang terbesar yang pernah ditemukan.

Alessandro Biancardi, seorang pemancing Italia, menarik ikan lele raksasa sepanjang 2,85 meter dari perairan dangkal Sungai Po di wilayah Lombardy di Italia utara.

Tangkapan itu mengalahkan rekor dunia sebelumnya untuk ikan lele wels (Silurus glanis) terbesar yang pernah ditangkap dengan perbedaan ukuran 4 sentimeter.

"Ketika muncul pertama kali, saya benar-benar menyadari bahwa saya telah mengait monster," tulis Biancardi dalam sebuah pernyataan.

"Saya sendirian menghadapi lele terbesar yang [pernah] saya lihat dalam 23 tahun."

Saat Biancardi mendaratkan ikan lele raksasa itu, dia dan rekan-rekannya mengukurnya sebelum melepaskannya lagi ke sungai.

"Dokumentasi sudah dikirim ke IGFA (International Game Fish Association) agar mereka bisa mencatat secara resmi ikan besar ini," menurut pernyataan tersebut.

Lele Wels adalah ikan air tawar terbesar di Eropa, tidak termasuk spesies yang bermigrasi ke pedalaman dari laut untuk berkembang biak, yang dikenal sebagai spesies anadromous.

Dalam dunia hewan, ikan berharga itu berasal dari Eropa Tengah dan Timur, tetapi telah diperkenalkan ke bagian lain benua itu dalam 25 tahun terakhir.