Dunia Hewan: Apakah Ikan dan Hewan Laut Lainnya Bisa Mati Tenggelam?

By Ricky Jenihansen, Minggu, 2 Juli 2023 | 08:00 WIB
Di dunia hewan laut, ikan dan yang lainnya tidak akan tenggelam, tapi bisa mati tenggelam. (Gigazine)

Nationalgeographic.co.id—Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya ada sekitar 236.000 orang di seluruh dunia mati tenggelam. Tidak hanya manusia, makhluk hidup lainnya di dunia hewan juga dapat mati tenggelam saat terjebak di air tanpa ada cara untuk melarikan diri.

Kucing, burung, anjing, dan semua yang berada di dalam dunia hewan, tentu saja bisa mati tenggelam. Namun bagaimana dengan ikan dan hewan laut lainnya? Apakah hewan yang hidup di air juga bisa mati tenggelam?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, para ilmuwan sepakat bahwa ikan dan hewan laut lainnya bisa tenggelam, tetapi tidak mati tenggelam. Ikan dan hewan laut lainnya bisa mati tenggelam ketika mereka tidak bisa bernafas.

"Hewan laut juga membutuhkan oksigen untuk hidup," kata Frances Withrow, ilmuwan kelautan di Oceana, sebuah organisasi perlindungan dan konservasi lingkungan.

"Hanya saja mereka hidup dari oksigen terlarut (dalam air), sedangkan kita mendapatkan oksigen dari udara."

Sebagian besar ikan bernapas ketika air bergerak melintasi insangnya. Akan tetapi jika insang rusak atau air tidak dapat melewatinya, ikan dapat mati lemas.

Secara teknis mereka tidak mati tenggelam, karena mereka tidak menghirup air, tetapi mereka mati karena kekurangan oksigen dan kemudian mati tenggelam.

Peralatan memancing, seperti beberapa jenis kail, dapat merusak insang. Penyakit juga bisa menjadi penyebabnya.

Patogen, terutama bakteri, dapat menempel pada insang, menghalanginya sehingga tidak dapat menyaring oksigen dari air atau menurunkannya hingga tidak berfungsi lagi.

"Ini seperti jika kita menderita penyakit pernapasan yang sangat parah," kata Withrow. "Itu membuatnya [hewan laut] bekerja lebih keras untuk bernapas."

Meskipun beberapa ikan dapat memompa air melintasi insangnya saat istirahat, banyak ikan harus terus berenang agar air mengalir melewatinya.

Jika mereka terjebak, seperti di jaring ikan, mereka mungkin terjebak dan (bisa) mati lemas, kata Withrow kepada Live Science.