Mitologi Yunani: Jason dan Perburuan Bulu Domba Emas yang Tragis

By Tri Wahyu Prasetyo, Selasa, 11 Juli 2023 | 07:00 WIB
Mitologi Yunani mengekalkan kisah Jason yang bersumpah akan Kasih Sayang Abadi kepada Medea. (Jean-François de Troy)

Nationalgeographic.co.id—Mitologi Yunani tentang Jason dan Argonaut telah menginspirasi para pendongeng selama berabad-abad. Bahkan, hingga saat ini kisah tersebut masih diceritakan kembali dan menjadi populer.

Salah satu sumber tertua yang mengisahkan Jason dan Argonaut adalah Arognautica. Epik tersebut ditulis oleh Apollonius dari Rhodes pada abad ketiga.

“Ini adalah puisi epik, sama seperti Iliad dan Odyssey, namun, alih-alih berfokus pada Perang Troya dan dampaknya, Argonautica mengikuti petualangan pangeran muda Jason,” tulis Bethany Williams, pada laman The Collector.

Jason dan Argonaut: Permulaan Seorang Pahlawan

Jason merupakan putra dari raja Aeson yang memerintah Iolcus, sebuah wilayah di Yunani Utara. Malang, kelahiran Jason diwarnai dengan kondisi kerajaan yang gonjang-ganjing.

Ketika Jason masih bayi, saudara tirinya yang bernama Pelias memutuskan untuk merebutkan takhta. Karena Jason masih bayi, ia belum terbukti menjadi ancaman, namun ia memiliki potensi untuk menjadi pewaris takhta.

Aeson berhasil melarikan diri bersama Jason. Sebagai langkah untuk menjamin kelangsungan hidup dan prospek Jason, Aeson menyerahkan Jason ke dalam perawatan Chiron sang centaur.

“Dalam mitologi Yunani, Chiron adalah pengasuh para pahlawan,” jelas Bethany. “Banyak pangeran muda Yunani yang diserahkan kepada Chiron pada usia muda, seperti halnya sekolah asrama kuno.”

Dalam versi lain dari cerita ini, Aeson dikurung oleh Pelias sebelum Jason lahir. Ibu Jason, Alcimede, menghindari rencana kejam Pelias dengan berpura-pura bahwa Jason belum lahir. 

Alcimede berhasil menyelundupkan Jason keluar dari Iolcus dan membawa bayinya ke Chiron untuk mendapatkan perlindungan.

Adegan dari Kisah Para Argonaut, karya Jacopo di Arcangelo, sekitar tahun 1465. (The Met Museum)

Tumbuh bersama Chiron