Inugami, Roh Anjing Mitologi Jepang yang Menginspirasi 'Inuyasha'

By Tri Wahyu Prasetyo, Rabu, 19 Juli 2023 | 09:00 WIB
Inugami, roh anjing dalam mitologi Kekaisaran Jepang. (Sawaki Suushi )

Nationalgeographic.co.id—Bagi para pecinta serial manga atau anime, mungkin tak asing lagi dengan “inuyasha”. Serial anime ini pernah menjadi tontonan yang dinanti-nanti di Indonesia pada awal tahun 2000-an.

Inuyasha merupakan sebuah serial anime dan manga yang sangat populer. Takahashi Rumiko, merupakan seniman di balik petualangan Inuyasha.

Inuyasha berlatar belakang zaman Sengoku (1467-1573), dengan fokus pada karakter utama Inuyasha, manusia setengah anjing. Tokoh penting lainya ialah Higurashi Kagome, reinkarnasi dari gadis kuil, Kikyo. Bersama-sama mereka mencari pecahan Permata Shikon yang telah hancur.

Melansir The Artifice, dalam menciptakan Inuyasha, Takahashi mendapatkan inspirasi dari mitologi Jepang dan yokai. Ia menggunakan yokai anjing, Inugami, sebagai inspirasi untuk Inuyasha dan saudaranya, Sesshomaru. Lantas apa itu inugami? 

Ilustrasi anime Inuyasha. (wallpaperflare)

Mengenal Inugami dalam Mitologi Jepang

Siapa itu inugami? “Tidak seperti yokai yang umumnya merupakan makhluk alami dari alam liar, inugami adalah ciptaan manusia yang agak misterius dan nyaris seperti setan,” jelas Yordan Zhelyazkov, pada laman symbolsage.

Sekilas, inugami terlihat seperti anjing pada umumnya yang mengenakan pakaian dan jubah, namun faktanya ia lebih mengerikan.

Menurut Yordan, inugami adalah kepala anjing yang dipenggal dan diawetkan, dengan rohnya yang memegang jubah. Dengan kata lain, mereka adalah kepala anjing hidup yang tidak memiliki tubuh.

Terlepas dari penampilan dan asal-usul mereka yang mengerikan, inugami sebenarnya adalah roh-roh yang baik hati. Seperti anjing biasa, mereka setia kepada pemilik atau keluarga mereka dan mereka melakukan semua yang diminta dari mereka.

Jika Anda berpikir bahwa inugami lahir dari anjing yang telah mati dan terus melayani pemiliknya setelah mati, maka Anda keliru.

Sebaliknya, menurut Yordan, inugami adalah arwah anjing yang dibunuh dengan cara yang cukup mengerikan. Hal inilah yang konon dilakukan oleh beberapa keluarga di Jepang untuk menciptakan inugami.