Kisah Leonardo da Vinci, Penyimpangan Seksual Hingga Nyaris Dieksekusi

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 23 Juli 2023 | 08:55 WIB
Sejarah Leonardo da Vinci, dituduh melakukan penyimpangan seksual terhadap pria hingga membuatnya nyaris dieksekusi. (Wikimedia Commons)

 

Nationalgeographic.co.idLeonardo da Vinci (1452-1519) adalah seorang pelukis, pematung, arsitek, penulis, ahli anatomi, ahli geologi, astronom, ahli botani, penemu, insinyur dan ilmuwan lambang seorang pria Renaisans. 

Secara luas dianggap sebagai salah satu seniman terhebat sepanjang masa, karya-karyanya yang paling terkenal adalah 'Mona Lisa', 'Perjamuan Terakhir' dan 'Manusia Vitruvian'. 

Meskipun sejak itu ia dipuji karena kecerdikan teknologinya, kejeniusan ilmiah Leonardo sebagian besar tidak ditemukan dan tidak dihargai pada masanya. 

Nama sebenarnya bukan Leonardo da Vinci. Nama lengkap Leonardo saat lahir adalah Lionardo di ser Piero da Vinci.

Bagi orang-orang sezamannya dia dikenal sebagai Leonardo atau "Il Florentine" - karena dia tinggal di dekat Florence.

Lahir di sebuah rumah pertanian di luar desa Anchiano di Tuscany pada April 1452, Leonardo adalah anak dari Ser Piero, notaris Florentine yang kaya, dan wanita petani yang belum menikah bernama Caterina. 

Keduanya memiliki 12 anak lain dengan pasangan lain, tetapi Leonardo adalah satu-satunya anak yang mereka miliki bersama. 

Leonardo adalah anak hasil hubungan gelap dan tidak diharapkan untuk mengikuti profesi ayahnya dan menjadi notaris. Sebaliknya, ia bebas mengejar minatnya sendiri dan terjun ke seni kreatif.

Leonardo sebagian besar belajar sendiri dan tidak menerima pendidikan formal selain membaca, menulis, dan matematika dasar. Bakat seninya sudah terlihat sejak kecil. Pada usia 14 tahun, dia mulai magang dengan pematung dan pelukis terkenal Andrea del Verrocchio, dari Florence.

Di bengkel Verrocchio, dia diberikan pelatihan teoretis dan berbagai keterampilan teknis termasuk pengerjaan logam, pertukangan, menggambar, melukis, dan memahat. 

Pada tahun 1478, Leonardo menerima komisi independen pertamanya yaitu untuk melukis altar untuk Kapel St. Bernard di Palazzo Vecchio di Florence. Pada tahun 1481, dia ditugaskan untuk melukis 'The Adoration of the Magi' untuk biara San Donato di Florence.

Namun, Leonardo terpaksa meninggalkan kedua komisi tersebut saat dia pindah ke Milan untuk bekerja di keluarga Sforza. Di bawah perlindungan Sforzas, Leonardo melukis 'Perjamuan Terakhir' di ruang makan Biara Santa Maria delle Grazie.