Dunia Hewan: Terlihat Sama, Setiap Jaring Laba-Laba Ternyata Berbeda

By Ricky Jenihansen, Jumat, 28 Juli 2023 | 15:16 WIB
Seekor laba-laba taman Eropa (Araneus diadematus) membuat jaring. Setiap jaring laba-laba ternyata berbeda. (Chris George)

Nationalgeographic.co.idJaring laba-laba adalah kontruksi yang luar biasa rumit yang dibuat dalam dunia hewan dan hebatnya lagi, ternyata tidak ada jaring yang persis sama. Jaring laba-laba itu adalah perangkap yang kuat, tetapi dapat dibuat dalam waktu yang singkat.

Laba-laba membuat jaring dengan pola yang dimiliki bersama di antara spesies laba-laba. Namun apakah semua jaring laba-laba itu identik? Atau setiap jaring laba-laba itu unik atau berbeda?

Perlu diketahui, setidaknya ada 48.000 spesies laba-laba yang dikenal di seluruh dunia. Meski semua laba-laba memiliki organ penghasil sutra, tetapi ternyata tidak semua laba-laba di dunia hewan membuat jaring dan menunggu mangsanya.

Di dunia hewan, beberapa laba-laba memang aktif berburu makanan. Akan tetapi mereka masih menggunakan sutra untuk membuat balon udara laba-laba, kantung telur, atau "rumah" kecil untuk bersembunyi, menurut Burke Museum of Natural History and Culture di Seattle.

Laba-laba lain menggunakan sutra untuk membuat perangkap dan alat yang cerdik, seperti jaring lempar, jaring penahan oksigen untuk bernapas di bawah air, kantong daun bersegel sutra untuk menangkap katak, dan katrol sutra yang mampu mengangkat kadal atau mamalia kecil.

Bayangkan jaring laba-laba, dan Anda mungkin membayangkan struktur seperti roda dengan spiral. Kemudian ada jaring dari bagian tengah yang ditarik keluar.

Bentuk itu dikenal sebagai jaring bola, dan dibuat hanya oleh kurang dari 10% spesies laba-laba yang diketahui, kata Samuel Zschokke.

Zschokke adalah ahli arakhnologi di Bagian Biologi Konservasi di University of Basel di Swiss tempat dia meneliti dan memvisualisasikan konstruksi jaring laba-laba.

Jaring bola ideal untuk menangkap serangga terbang karena menyediakan area yang luas untuk menangkap mangsa dan hampir tidak terlihat, menurut Museum Australia di Sydney.

Laba-laba laut sedang merayap di dasar laut. (Shutterstock)

Dan meskipun mereka semua terlihat sangat mirip, tidak ada dua jaring yang persis sama. Ternyata semua jaring laba-laba yang ada semuanya berbeda.

Laba-laba yang membuat jaring bola biasanya mengikuti rencana konstruksi yang serupa. Mereka ingin membuat bentuk yang serupa.