Dari Anjing hingga Babi, Penyebab Perang Teraneh dalam Sejarah Manusia

By Sysilia Tanhati, Jumat, 4 Agustus 2023 | 14:00 WIB
Mulai dari anjing, babi sampai toko kue, perang bisa disebabkan oleh hal-hal aneh dan sepele dalam sejarah manusia. (Ernest Lissner)

Nationalgeographic.co.idPerang dapat diartikan sebagai pertempuran antara dua pasukan atau lebih. Penyebab terjadinya perang bisa beragam, entah karena pertikaian antar suku, perebutan wilayah, atau perbedaan kepentingan.

Dalam sejarah manusia, perang juga bisa disebabkan oleh hal-hal aneh dan sepele. Mulai dari anjing hingga babi, berikut beberapa penyebab teraneh perang dalam sejarah manusia.

Perang Kue

Pada tahun 1828, massa yang marah menghancurkan sebagian besar Kota Meksiko selama kudeta militer.

Salah satu korban kerusuhan itu adalah seorang ekspatriat pembuat pastry bernama Remontel. “Malangnya, kafe kecilnya dijarah massa,” tulis Evan Andrews di laman History.

Pejabat Meksiko mengabaikan keluhannya. Maka Remontel mengajukan petisi kepada pemerintah Prancis untuk mendapatkan kompensasi.

Permintaannya tidak diperhatikan sampai satu dekade kemudian. Saat itu Raja Louis-Philippe menemukan fakta soal petisinya.

Raja menjadi sangat marah karena Meksiko gagal membayar ganti rugi. Sebagai kompensasi, Raja Louis-Philippe menuntut Meksiko membayar 600.000 peso untuk mengganti kerugian koki kue itu.

Ketika orang-orang Meksiko menolak keras untuk membayar jumlah yang sangat besar, Louis-Philippe melakukan hal yang tidak terduga. “Dia memulai perang,” ujar Andrews.

Pada Oktober 1838, armada Prancis tiba di Meksiko dan memblokade Kota Veracruz. Ketika orang Meksiko masih menolak untuk membayar, kapal mulai menembaki benteng San Juan de Ulua.

Beberapa pertempuran kecil menyusul dan pada bulan Desember sebanyak 250 tentara telah tewas.

Jenderal terkenal Santa Anna bahkan keluar dari masa pensiunnya untuk memimpin pasukan Meksiko melawan Prancis. Ia kehilangan satu kaki setelah dia terluka oleh tembakan.