Sorotan Circular City Clean di Blok M: Puntung Rokok dan Plastik Anak Tongkrongan

By Utomo Priyambodo, Minggu, 6 Agustus 2023 | 17:00 WIB
Aksi membersihkan sampah dan penyadaran lingkungan lewat kegiatan Circular City Clean yang digagas oleh SayaPilihBumi. (Donny Fernando)

Nationalgeographic.co.idSayaPilihBumi kembali menggelar Circular City Clean di Jakarta. Kali ini bertempat di wilayah Blok M, area kawasan bisnis dan perbelanjaan yang terletak di Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Circular City Clean kedua di Jakarta ini baru saja rampung diadakan pada Ahad pagi ini, 6 Agustus 2023. Kegiatan membersihkan sampah bersama (clean up) di ruang publik di Blok M ini dimulai dari titik kumpul di Taman Literasi lalu bergerak menuju ke depan Blok M Square, lalu bergerak mengelilingi pertokoan di Blok M untuk kembali ke Taman Literasi.

Dari hasil kegiatan Circular City Clean ini yang diikuti lebih dari 20 orang ini, terkumpul 30 kilogram sampah. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan hasil Circular City Clean di kawasan Car Free Day Jakarta bulan lalu yang hanya 22 kilogram.

Perbandingan ini cukup menarik. Pasalnya, area yang disisir dalam Circular City Clean di CFD Jakarta pada Juli lalu berkali-kali lipat lebih luas dibanding di Blok M kali ini. Jumlah peserta pada bulan lalu juga berkali-kali lipat lebih banyak karena lokasinya strategis dan didatangi banyak orang.

Diky Wahyudi Lubis, Community Manager Grid Network—grup media yang memayungi kampanye SayaPilihBumi, mengatakan Circular City Clean di Blok M ini merupakan rangkaian kegiatan bersih-bersih SayaPilihBumi di Jakarta.

"Kita pengen keliling ke ruang-ruang publik yang ada di ibu kota," kata Diky.

Secara khusus, wilayah Blok M dipilih karena ini "jadi tempat pusat anak-anak muda buat hangout, nongkrong," ujar Diky. "Banyak orangnya, pasti akan banyak pula sisa konsumsinya. Kita pengen melihat sudah sejauh mana tanggung jawab mereka ketika nongkrong."

Yang menarik dari jenis sampah yang terkumpul di kawasan Blok M ini adalah ternyata banyak sampah puntung rokok yang dibuang sembarangan. Jumlahnya mencapai ratusan.

"Jadi kembali mengingatkan teman-teman yang merokok, harusnya bisa lebih bertanggung jawab dengan membuat puntung rokoknya di tempat yang semestinya," tegas Diky.

Diky mengingatkan bahwa puntung rokok bisa merusak kualitas tanah dan air kita. Hasil sebuah penelitian membenarkan hal itu.

Hasil riset yang terbit di jurnal Ecotoxicology and Environmental Safety pada 2019 menemukan bahwa puntung rokok membutuhkan waktu yang lama untuk terurai. Apabila dibuang sembarangan, puntung rokok akan merusak lingkungan hidup.

Sebagian sampah sedotan plastik dan puntung rokok yang terkumpul lewat kegiatan Circular City Clean di kawasan Blok M. (Donny Fernando)