Kisah Cinta nan Tragis Deianira dan Hercules dalam Mitologi Yunani

By Sysilia Tanhati, Kamis, 10 Agustus 2023 | 21:49 WIB
Deianira dan Hercules adalah salah satu pasangan paling populer yang muncul dalam mitologi Yunani. Kisah hidup mereka bertahan dalam manuskrip kuno di antara kisah para dewa dan pahlawan. (Noël Coypel/Musée de Versailles)

Nationalgeographic.co.id—Deianira dan Hercules adalah salah satu pasangan paling populer yang muncul dalam mitologi Yunani. Kisah hidup mereka bertahan dalam manuskrip kuno di antara kisah para dewa dan pahlawan.

Mirip dengan suaminya yang terkenal, Deianira digambarkan dalam seni sebagai tokoh penting dalam mitologi Yunani.

Gadis yang menaklukkan hati Hercules

Deianira adalah bagian dari keluarga berdarah biru dan dibesarkan di istana. Ibunya adalah Althaea, putri legendaris Raja Thestius dan Eurythemis. Althaea adalah istri raja Calydon, Oeneaus. Pasangan itu memiliki lima putra dan dua putri. “Salah satunya adalah Deianira,” tulis Natalia Climczak di laman Ancient Origins.

Deianira cantik dan cerdas. Asal-usulnya membuatnya sangat tertarik pada pria, baik fana maupun abadi.

Bagaimana Deianira dan Hercules bertemu dalam mitologi Yunani?

Setelah Hercules menyelesaikan pekerjaannya, dia kemudian melakukan petualangan lebih lanjut. Dia membunuh Pangeran Iphitus dari Oechalia. Namun ia menyesal. Untuk menebus dosa, Hercules menjual dirinya sebagai budak Ratu Omphale. Sang ratu menyuruhnya mengenakan pakaian wanita dan menjahit dengan para wanita istana.

Setelah Omphale membebaskannya, Hercules kemudian memulai petualangan lebih lanjut seperti penaklukan Troya hingga misi balas dendam melawan Raja Augeias.

Beberapa tahun berlalu sebelum Hercules datang ke Calydon dan bertemu dengan Deianira. Saat itu, Hercules dengan cepat jatuh cinta pada putri cantik yang begitu mandiri.

Deianira begitu cantik dan memesona. “Tidak heran jika ia memiliki banyak pelamar yang ingin menikahinya,” tulis Joshua J. Mark di laman World History Encyclopedia.

Namun, gadis itu tidak tertarik menikahi salah satu dari mereka. Ia bahkan mungkin tidak memikirkan pernikahan sampai akhirnya jatuh cinta pada Hercules.

Ketika Hercules menyatakan niatnya, sebagian besar pelamar ini mundur. Tapi salah satu dari mereka, dewa sungai Achelous, tidak mau mundur dari tantangan manusia setengah dewa. Dia bergulat dengan Hercules untuk mendapatkan hati Deianira.