Hippolyta, Ratu Amazon & Putri Dewa Perang Ares dalam Mitologi Yunani

By Sysilia Tanhati, Selasa, 22 Agustus 2023 | 11:00 WIB
Dalam mitologi Yunani, Hippolyta adalah seorang ratu Amazon dan putri dewa perang Ares. Ia dikenal dalam kisah Hercules dan Theseus. (Sackler Museum/Harvard University)

Nationalgeographic.co.id—Hippolyta adalah seorang ratu Amazon dalam mitologi Yunani. Ia adalah putri Ares, dewa perang Yunani. Sedangkan ibunya adalah Otrera, ratu Amazon. Dalam budaya populer, Hippolyta terkenal karena perannya dalam serial Wonder Woman DC Comics.

Dalam berbagai variasi mitologi Yunani, Hippolyta memainkan peran yang berbeda, terkadang saling bertentangan. Dalam beberapa versi, ia tewas di tangan Hercules selama tugas kesembilan sang pahlawan. Ia juga muncul dalam kisah Theseus.

“Dalam seni zaman klasik hingga kini, Hippolyta digambarkan sebagai pemimpin wanita yang kuat,” tulis Harrison W. Mark di laman World History Encyclopedia.

Suku Amazon yang tangguh

Ras prajurit wanita yang dikenal sebagai Amazon dikatakan sebagai keturunan dari Ares dan bidadari Harmonia. Tinggal di Laut Hitam, suku Amazon dikenal karena kemandiriannya yang luar biasa. Mereka juga memiliki kemampuan luar biasa di bidang berburu, berkuda, memanah, dan berperang.

Menurut beberapa sumber, suku Amazon tinggal dekat dengan suku Gargarean yang semuanya laki-laki. Kedua kelompok itu akan bertemu setiap tahun untuk memiliki keturunan.

Sumber lain menggambarkan kedua suku itu sebagai musuh yang terus berperang. Jika seorang bayi perempuan lahir di Amazon, anak itu akan dibesarkan dan diajari cara berperang dalam budaya Amazon. Di sisi lain, bayi laki-laki akan dibunuh atau dimutilasi dan dibuang.

Ratu Hippolyta dan tugas kesembilan Hercules dalam mitologi Yunani

Di antara semua ratu Amazon, Hippolyta adalah yang paling terkenal karena perannya dalam kisah Hercules. Salah satu kisah yang paling dikenal Hippolyta adalah perannya dalam Dua Belas Pekerjaan Hercules. Seorang anak Zeus dan wanita fana Alcmene, Hercules adalah yang terbesar dari semua pahlawan Yunani.

Saat melakukan pekerjaan kesembilan dari 12 pekerjaannya, Hercules ditugaskan oleh Raja Eurystheus untuk mengambil ikat pinggang Hippolyta. Konon, putri Eurystheus sangat menginginkan ikat pinggang ratu Amazon yang diberikan oleh dewa perang Ares.

Setelah melewati banyak petualangan, Hercules akhirnya datang ke Themiscyra untuk bertemu dengan Hippolyta. Sang ratu bertemu dengannya di atas kapalnya dan memintanya untuk menjelaskan mengapa dia datang. Hippolyta juga meminta alasan mengapa Hercules menginginkan ikat pinggang tersebut.

Hercules pun menceritakan kisah pekerjaannya dan kecemburuan dewi Hera yang terus mengusiknya. Sang pahlawan mitologi Yunani itu meyakinkan Hippolyta untuk mengasihaninya dan setuju untuk memberinya ikat pinggang.