Empedocles, Filsuf Yunani Kuno yang Nekat Lompat ke Gunung Berapi

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 26 Agustus 2023 | 18:00 WIB
Empedocles adalah seorang filsuf, penyair, dan ilmuwan asal Yunani kuno yang terkenal dengan teori kosmogonik dalam sejarah dunia (Classical Wisdom)

Nationalgeographic.co.id—Empedocles adalah seorang filsuf, penyair, dan ilmuwan asal Yunani kuno. Kisah hidupnya dalam catatan sejarah dunia sangat menarik.

Dia adalah seorang pria yang sangat peduli dengan pemahaman alam dan misteri alam semesta. Empedocles terkenal karena teorinya tentang empat elemen dan keyakinannya pada perpindahan jiwa.

Dari kemampuannya melakukan keajaiban hingga pilihan fesyennya yang aneh, Empedocles adalah sosok yang memikat sekaligus membingungkan orang-orang sezamannya dalam sejarah.

Masa Muda

Empedocles lahir di kota Akragas, sekarang Agrigento di Sisilia. Dia adalah anggota keluarga kaya dan berpengaruh, dan menerima pendidikan yang sangat baik dalam bidang filsafat, matematika, dan sains.

Dia sangat tertarik pada alam, dan menghabiskan sebagian besar hidupnya mempelajari dan menjelajahi misteri alam semesta.

Sayangnya, kita tidak tahu banyak lagi tentang kehidupannya, karena hanya ada sedikit sumber informasi utama tentang Empedocles.

Yang tersisa adalah penggalan puisinya sendiri, serta referensi kepadanya dalam tulisan filsuf Yunani kuno lainnya. Meskipun hanya mengetahui sedikit tentang kehidupannya, kita mengetahui cukup banyak tentang keyakinannya dari sumber-sumber berikut.

Teori Empat Elemen 

Salah satu penemuan Empedocles yang tercatat dalam sejarah dunia adalah adalah teorinya tentang empat unsur. Empedocles percaya bahwa alam semesta terdiri dari empat unsur dasar yaitu tanah, udara, api, dan air. 

Unsur-unsur ini bukan sekedar substansi fisik, namun juga prinsip-prinsip dasar yang mengatur perilaku segala sesuatu di alam semesta.

Menurut Empedocles, keempat unsur tersebut bersifat abadi dan tidak dapat diubah. Benda-benda tersebut tidak diciptakan atau dimusnahkan, melainkan terus-menerus bercampur dan terpisah untuk menciptakan beragam objek dan fenomena yang kita amati di dunia sekitar kita.