Benito de Soto, Kisah Bajak Laut Terakhir dalam Sejarah Spanyol

By Sysilia Tanhati, Rabu, 6 September 2023 | 07:00 WIB
Sejarah Spanyol penuh dengan legenda tentang bajak laut terkenal. Salah satunya adalah Benito de Soto. Ia menjalani kehidupan yang singkat, melanggar aturan dan batasannya setiap hari. (G. Carlotto)

Nationalgeographic.co.idSejarah Spanyol penuh dengan legenda tentang bajak laut terkenal. Sebagian adalah kisah nyata dan lainnya hanya khayalan. Ada beberapa bajak laut Spanyol yang menjadi tokoh terkenal di daerah asalnya.

Salah satu bajak laut terkenal yang diketahui dari sejarah Spanyol adalah Benito de Soto. Ia menjalani kehidupan yang singkat, melanggar aturan dan batasannya setiap hari.

“Benito dikenal sebagai bajak laut yang berbahaya, pelaut yang terampil, dan pemberontak sejati,” tulis Natalia Klimczak di laman Ancient Origins.

Benito lahir di Galicia pada tanggal 22 April 1805. Sebagian besar sumber menyatakan bahwa dia berasal dari kota Pontevedra atau salah satu desa dekat kota itu.

Beberapa juga berpendapat bahwa sebuah desa di wilayah A Coruna mungkin adalah kampung halamannya.

Benito Soto Aboal tumbuh di dekat Samudra Atlantik. Di mana pun ia tinggal semasa kecil, hidupnya dipenuhi dengan laut, pelaut, dan kisah petualangannya.

Ketika ia masih kecil, Eropa didominasi oleh Napoleon Bonaparte yang perangnya mengubah lanskap Eropa selamanya.

Bagaimana seorang pelaut jujur bisa berubah menjadi bajak laut?

Benito terkenal di perairan. Ia terkenal sebagai salah satu penjarah paling terorganisir pada masanya dalam sejarah Spanyol. Namun kariernya sebagai bajak laut tidak berumur panjang.

Benito bergabung dengan sisi gelap pekerjaan di lautan karena nasib menyedihkan di kapal tempat ia bekerja. Dia beralih ke pembajakan laut setelah bertahun-tahun menjadi pelaut yang baik.

Tidak diketahui secara pasti berapa usianya saat mulai bekerja di kapal. “Kemungkinan besar ia memulainya saat masih remaja atau bahkan lebih muda,” tambah Klimczak.

Catatan sejarah Spanyol menunjukkan bahwa ia bertugas di kapal budak Argentina “Defensor de Pedro”.