Benarkah Lilith, Perempuan Istri Pertama Adam dalam Mitologi Mesopotamia?

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 2 November 2023 | 13:00 WIB
Lilith disebut sebagai istri pertama Adam di Taman Eden. (Public domain)

Nationalgeographic.co.idLilith disebut sebagai istri pertama Adam. Menurut para ahli, asal usul Lilith masih sangat diperdebatkan. 

Lilith adalah salah satu roh wanita tertua di dunia. Akarnya berasal dari Epos Gilgames yang terkenal, tetapi ia juga dijelaskan dalam Alkitab versi The Message dan Talmud.

Dalam mitologi Yahudi, dia adalah iblis paling terkenal. Namun di beberapa sumber lain dia muncul sebagai wanita pertama yang diciptakan di Bumi. Tuhan membentuk Lilith sebagai wanita pertama dengan cara yang sama seperti menciptakan Adam. Satu-satunya perbedaan adalah sebagai pengganti debu murni, ia juga menggunakan kotoran dan residu.

Secara tradisional Lilith berarti ''malam''. Dia dikaitkan dengan atribut yang berhubungan dengan aspek spiritual sensualitas dan kebebasan, tetapi juga teror.

Setan Kuno Bangsa Sumeria

Nama Lilith berasal dari kata Sumeria ''Lilitu'', yang berarti roh angin atau setan perempuan. Lilith disebutkan dalam Tablet XII dari Epos Gilgamesh, sebuah puisi terkenal Mesopotamia kuno.

Tablet ini ditambahkan ke teks aslinya lama kemudian pada 600 SM dalam terjemahan Asiria dan Akkadia. 

Lilith digambarkan bersama iblis lain, namun para peneliti masih memperdebatkan apakah dia iblis atau dewi kegelapan. Pada saat yang sama, dia muncul di sumber-sumber Yahudi awal, sehingga sulit untuk mengetahui siapa yang pertama kali menyebutkannya. Namun, jelas bahwa sejak awal keberadaannya dalam teks, dia terkait dengan ilmu sihir Sumeria.

Simbolisme, sejarah, dan sastranya menjadi topik perselisihan di kalangan akademisi Yahudi, feminis, dan intelektual lainnya. Meskipun Lilith memiliki beberapa cerita asal usul, salah satu yang paling sering diberitakan adalah bahwa dia adalah istri pertama Adam.

Selama lebih dari 4.000 tahun, Lilith telah muncul dalam mitos di berbagai peradaban. Asal usulnya yang jahat dapat ditelusuri kembali ke demonologi Babilonia, di mana jimat dan mantra digunakan untuk menangkis kekuatan jahat hantu berkepala elang yang memangsa anak kecil dan ibu hamil.

Lilith dalam Mitologi Mesopotamia

Penampakan Lilith dalam mitologi Babilonia. (Ancient Origins)