Menelusuri Danau Tondano, Lokasi Minahasa Wakefest 2023 yang Punya Kekayaan Alam dan Budaya

By Yussy Maulia, Rabu, 15 November 2023 | 14:11 WIB
Danau Tondano, Sulawesi Utara. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id – Danau selalu menjadi daya tarik wisata alam. Contohnya, Danau Tondano yang menjadi ikon kebanggaan masyarakat Minahasa.

Danau Tondano sudah lama menjadi salah satu daya tarik wisata di Sulawesi Utara. Sampai saat ini, pembangunan di sekitar danau masih terus dilakukan, mulai dari perbaikan jalan, pemugaran penginapan, hingga pembukaan kafe-kafe dan restoran di sekitar jalan menuju danau.

Sebentar lagi, Danau Tondano akan menjadi lokasi pelaksanaan Minahasa Wakefest 2023, yakni sebuah pertandingan olahraga air yang memperlombakan cabang wakeboarding dan wakesurfing

Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Minahasa Sizzy Matindas mengatakan bahwa keputusan dijadikannya Danau Tondano sebagai venue Minahasa Wakefest 2023 sesuai dengan fokus pemerintah setempat untuk mengembangkan danau sebagai destinasi sport tourism.

“Sekitar 15-20 tahun lalu, Danau Tondano itu sempat menjadi tempat latihan para atlet wakeboarding dan ski air. Tapi, (kegiatan latihan itu) hilang begitu saja,” cerita Sizzy kepada tim National Geographic Indonesia.

Baca Juga: Si Manis dari Danau Tondano, Manado

“Jadi, selama sekian tahun, orang-orang tidak tahu kalau pernah ada (olahraga) ski air di Danau Tondano,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Danau Tondano merupakan danau terluas di Sulawesi Utara. Luasnya kurang lebih mencapai 4.200 hektare, serta diapit oleh pegunungan dan padang rumput hijau yang membentang luas di sekitarnya.

Bagi masyarakat di kawasan sekitarnya, air Danau Tondano merupakan sumber kehidupan. Mereka memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk berkebun dan bertani. Tak sedikit pula masyarakat yang menebar karamba—bilah bambu yang digunakan untuk budidaya ikan—di tepian danau.

“Kalau di Danau Tondano, masyarakat bisa berenang, memancing, dan bersepeda keliling danau. Ada juga kegiatan hiking dengan pemandangan air terjun dan pegunungan, serta tur bird watching yang bisa dicoba,” jelas Sizzy.

Baca Juga: Uluna, Surga Tersembunyi di Minahasa

Bagi masyarakat yang suka menjelajah, kawasan di sekitar Danau Tondano menawarkan banyak spot yang menarik untuk dikunjungi. Berikut rekomendasinya.