Sejarah Yunani Kuno: Hancurnya Peradaban Hingga Pengaruh di Era Modern

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 1 Januari 2024 | 12:00 WIB
Kemunduran sejarah Yunani kuno terjadi melalui serangkaian peristiwa. (Deagostini/ Getty Images)

Nationalgeographic.co.id – Hanya sedikit peradaban yang mempunyai pengaruh besar terhadap dunia modern seperti sejarah Yunani kuno. Namun seperti banyak peradaban besar lainnya pada masa itu, kebangkitan Yunani yang sangat pesat juga diakhiri dengan kejatuhan sama hebatnya.

Kemunduran Yunani kuno tidak ditandai dengan satu momen saja, melainkan terjadi melalui serangkaian peristiwa yang pada akhirnya berujung dengan Yunani berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Romawi selama berabad-abad. 

Dari puncak kebudayaan Yunani selama Zaman Keemasan hingga kehancuran pertama selama periode Helenistik, sebagian dari Yunani kuno masih dapat dilihat di dunia kita saat ini.

Memahami Sejarah Yunani Kuno

Berbeda dengan Roma, Yunani kuno bukan sebuah kerajaan. Hal ini karena Yunani tidak berdiri secara keseluruhan, namun terdiri dari lebih dari 1.000 negara kota.

Para peneliti zaman modern percaya bahwa Yunani ada dengan cara ini karena lanskap berbatu dan banyaknya pulau yang dipisahkan oleh lautan menyulitkan penyatuan pusat populasi.

Sebaliknya, setiap pusat populasi mempunyai pemerintahannya sendiri, dan kota-kota ini dikenal sebagai negara-kota Yunani. Enam negara kota utama Yunani kuno adalah:

Athena, ibu kota distrik Attica di Yunani kuno dan merupakan negara kota berkembang yang terkenal karena keunggulan politiknya serta kontribusinya terhadap filsafat dan seni. Di Athena, para filsuf terkemuka seperti Socrates, Plato dan Aristoteles menemukan rumah mereka.

Sparta, dikenal karena prajuritnya yang tangguh, Spartan. Sparta terletak di wilayah Laconia di Yunani kuno. Dari semua negara kota, Sparta adalah negara yang paling terkenal karena kehebatan militernya dan tentaranya yang dilatih gaya hidup Sparta sejak usia muda.

Korintus terletak di sebidang tanah kecil yang dikenal sebagai Tanah Genting Korintus, negara kota Korintus terkenal sebagai pusat maritim berkembang.

Thebes terletak di Boeotia, Thebes adalah kekuatan militer lain yang mirip dengan Sparta. Faktanya, Thebes bertarung melawan Sparta selama Pertempuran Leuctra dan meraih kemenangan, sesuatu yang hampir tidak pernah terdengar bagi mereka yang menghadapi Spartan yang perkasa.

Miletus, sebuah negara kota yang memberikan kontribusi besar terhadap budaya Yunani kuno, Miletus terletak di Asia Kecil, yang sekarang menjadi Turki modern.