Kisah Hidup Milo Hingga Jadi Pegulat Terkuat di Sejarah Dunia Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 23 Januari 2024 | 14:00 WIB
Milo asal Yunani menjadi atlet gulat terhebat dalam sejarah dunia kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Milo adalah atlet gulat asal Yunani hampir 2.500 tahun yang lalu. Dia dianggap sebagai orang terkuat yang pernah hidup di sejarah dunia kuno.

Seorang pria dengan kekuatan dan atletis yang luar biasa, dia adalah pegulat paling sukses pada zamannya, menjadi juara gulat enam kali di Olimpiade Kuno di Yunani.

Kehidupan awal Milo dari Croton dimulai pada abad ke-6 SM di negara-kota Yunani Croton, yang sekarang terletak di Italia selatan.

Croton adalah pusat keunggulan atletik dan filosofis, rumah bagi aliran pemikiran Pythagoras yang terkenal.

Terlahir dalam lingkungan yang penuh dengan ketelitian intelektual dan fisik, Milo dihadapkan pada budaya yang sangat menghargai pikiran dan tubuh.

Tanggal pasti kelahiran Milo masih belum diketahui, namun ia diyakini lahir sekitar tahun 560 SM. Sejak usia muda, Milo kemungkinan besar tenggelam dalam tradisi atletik Yunani, landasan pendidikan dan budaya di Yunani kuno

Latihan atletik pada periode ini tidak semata-mata tentang kebugaran jasmani. Hal ini juga mencakup pengembangan moral dan spiritual, selaras dengan cita-cita Yunani 'arete' – mengejar keunggulan dalam semua aspek kehidupan.

Saat masih muda, kehebatan fisik Milo sangat terlihat. Ia dikatakan memiliki kekuatan alami, yang dikombinasikan dengan latihan keras, menjadikannya atlet yang luar biasa sejak dini. 

Kehidupan awalnya sangat dipengaruhi oleh festival atletik yang merupakan pusat budaya Yunani, seperti pertandingan lokal yang diadakan di Croton dan kota-kota sekitarnya.

Dalam catatan sejarah dunia kuno, festival-festival tersebut merupakan acara keagamaan dan sosial yang penting. Hal ini memberikan Milo dalam menunjukkan bakatnya dan mulai membangun reputasinya. 

Menjadi Legenda Olimpiade Kuno