Sejarah Dunia: Sederet Tokoh Penting di Balik Teori Charles Darwin

By Tri Wahyu Prasetyo, Rabu, 7 Februari 2024 | 08:06 WIB
Charles Darwin ketika muda. Lukisan karya George Richmond, 1840. (Darwin Museum)

Nationalgeographic.co.id—Nama Charles Darwin menggema di seluruh dunia mungkin karena keorisinilan dan kejeniusannya. Meskipun demikian, tak banyak orang mengetahui bahwa gagasannya dipengaruhi oleh banyak tokoh sepanjang hidupnya.

Menurut penulis kawakan bidang sains, Heather Scoviller, Darwin mendapat pengaruh dari rekan kerja pribadi, beberapa ahli geologi atau ekonom yang berpengaruh, dan salah satunya adalah kakeknya sendiri.

“Bersama-sama, pengaruh mereka membantu Darwin mengembangkan teori evolusi dan ide-idenya tentang seleksi alam,” kata Scoviller.

Jean Baptiste Lamarck

Potret Jean Baptiste Lamarck. (Public Domain/Wikimedia Commons)

Jean Baptiste Lamarck adalah seorang ahli botani dan ahli zoologi. Ia bisa dikatakan sebagai salah satu orang pertama yang mengusulkan bahwa manusia berevolusi dari spesies yang lebih rendah melalui adaptasi dari waktu ke waktu.

Lamarck juga memberikan penjelasan tentang struktur vestigial. Teori evolusinya berakar pada gagasan bahwa kehidupan berawal sangat sederhana dan berkembang seiring waktu menjadi bentuk manusia yang kompleks.

Adaptasi terjadi sebagai struktur baru yang secara spontan muncul, dan jika tidak digunakan, struktur tersebut akan mengerut dan hilang.

Menurut Scoviller, berbagai ide atau karyanya telah mengilhami gagasan Darwin tentang seleksi alam.

Thomas Malthus

Potret Thomas Malthus (Public Domain/Wikimedia Commons)

“Thomas Malthus bisa dibilang adalah orang yang paling berpengaruh bagi Darwin,” Scoviller. “Meskipun Malthus bukanlah seorang ilmuwan, dia adalah seorang ekonom yang memahami populasi dan bagaimana mereka tumbuh.”