Hieroglif Bagi Sejarah Mesir Kuno: Tulisan Suci Penemuan Para Dewa

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 17 Februari 2024 | 16:20 WIB
Hieroglif di sejarah Mesir kuno digunakan sebagai sistem penulisan untuk mewakili bahasa mereka. (Public domain)

Nationalgeographic.co.idHieroglif di sejarah Mesir kuno biasanya diukir pada batu dan digunakan di kuil, makam, dan monumen lainnya.

Aksara hieroglif Mesir adalah salah satu sistem penulisan yang digunakan oleh orang Mesir kuno untuk mewakili bahasa mereka.

Karena keanggunan gambar hieroglif, Herodotus dan orang Yunani penting lainnya percaya bahwa hieroglif Mesir adalah sesuatu yang sakral, sehingga mereka menyebutnya sebagai 'tulisan suci'.

Jadi, kata hieroglif berasal dari bahasa Yunani hiero 'suci' dan glypho 'tulisan'. Dalam bahasa Mesir kuno, hieroglif disebut 'kata-kata para dewa' karena diyakini bahwa tulisan adalah penemuan para dewa.

Bentuk awal hieroglif Mesir kuno menurut beberapa ahli berasal dari simbol artistik yang digunakan pada tembikar Gerzean sekitar tahun 4000 SM. Beberapa di antaranya menyerupai hieroglif yang kita kenal sekarang. 

Sistem simbol proto-hieroglif (bentuk paling awal) dikembangkan pada paruh kedua milenium ke-4 SM.

Contohnya dapat dilihat pada label tanah liat penguasa pradinasti Scorpion I, yang ditemukan di Abydos (sekarang Umm el-Qa'ab, Mesir) pada tahun 1988, dan Palet Narmer yang berasal dari sekitar tahun 3100 SM.

Tembikar Gerzean berasal dari tahun 4000 SM di sejarah Mesir kuno. (kairoinfo4u)

Kalimat lengkap pertama yang terukir dalam hieroglif Mesir kuno yang matang, yang sejauh ini ditemukan, ditemukan pada cetakan segel di makam Seth-Peribsen di Umm el-Qa'ab. Karbon ini berasal dari sekitar tahun 2800 SM.

Sekitar delapan ratus hieroglif diketahui berasal dari periode Kerajaan Lama, Kerajaan Tengah, dan Kerajaan Baru. Pada era Yunani-Romawi, jumlahnya lebih dari lima ribu.

Mengapa Hieroglif Mesir Kuno Diciptakan?

Hieroglif dalam sejarah Mesir kuno muncul sebagai sistem penulisan. Beberapa ahli berpendapat bahwa alasan penemuan hieroglif ada hubungannya dengan penyatuan Mesir menjadi satu negara dan pemerintahan. Hal ini bertepatan dengan munculnya bentuk tulisan.