Memahami Thudong, Perjalanan Panjang Para Biksu Buddha Jelang Waisak

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Rabu, 22 Mei 2024 | 16:00 WIB
Para biksu berjalan ribuan kilometer melaksanakan thudong di Magelang, Jawa Tengah, pada 20 Mei, 2024. Sekitar 40 biksu dari berbagai negara di Asia Tenggara ini menyemarakkan perayaan Waisak di Candi Borobudur. (Sandy Leo)

Nationalgeographic.co.id - Meski suhu Asia Tenggara sedang panas-panasnya, sekitar 40 biksu Thailand, Singapura, Malaysia, Korea, dan Indonesia, melakukan perjalanan ke Candi Borobudur dan Candi Muaro Jambi. Kegiatan perjalanan ini dibuka pada 15 Mei di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. Setelah itu, mereka diantar menggunakan bus menuju Vihara Budha Jayanti Wungkal Kasap, Semarang.

Perjalanan panjang ini merupakan bagian dari perayaan hari raya Waisak. Mereka telah tiba Selasa, 21 Mei 2024, dan disambut masyarakat setempat, baik umat buddha yang merayakan maupun nonbuddhis.

Perjalanan jauh yang disebut sebagai thudong oleh para biksu ini punya makna secara spiritual. Wakil Ketua Panitia Waisak Nasional 2568 BE/2024 YM Bhikkhu Dhammavuddho Thera mengatakan bahwa tradisi thudong adalah sarana untuk belajar sabar.

"Di zaman modern sekarang, tradisi thudong masih tetap dilestarikan," kata Bhikkhu Dhammavuddho, dalam keterangan tertulis 17 April 2024. "Akan tetapi, karena saat ini sudah berdiri vihara-vihara dan didukung oleh berbagai fasilitas, maka tradisi thudong boleh dikatakan sebagai sebuah rangkaian perjalanan dengan mempraktikkan ajaran Buddha."

Tradisi thudong adalah perjalanan ritual yang harus menempuh ribuan kilometer. J. L. Taylor dalam buku Forest Monks and the Nation-state: An Anthropological and Historical Study in Northeastern Thailandthudong secara harafiah adalah melatih. Istilah ini berasal dari bahasa Pali "dhutanga" yang berarti "latihan keras".

Selama perjalanan, para biksu akan berjumpa dengan segala makhluk yang ada di muka bumi, termasuk manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Perjalanan ini merupakan upaya meditasi dengan mendekatkan diri pada alam. Hal ini merupakan bagian dari perintah 13 praktik pertapaan biksu buddhis (dhutanga) yang dianjurkan Buddha Gautama.

Perjalanan Jauh Para Biksu Mengikuti Ajaran Sang Buddha

Masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, menyambut kedatangan rombongan thudong ini. Tidak jarang organisasi masyarakat bahkan mengawal perjalanan supaya para biksu bisa tiba dengan selamat sampai tujuan. Masyarakat sipil juga memberikan makanan dan minuman sebagai bentuk dukungan dan memberi semangat.

Para biksu mengikuti peraturan monasteri sehari-hari yang juga diterapkan selama thudong. Mereka makan hanya sehari sekali dan hanya diperbolehkan makan saat pagi—tidak boleh kewat dari tengah hari. Dari sinilah mereka harus melatih kesabaran. Ditambah, situasi panas dan perjalanan panjang yang melelahkan harus dihadapi.

Akan tetapi, para biksu tidak boleh sembarangan makan dan minum. Mereka hanya boleh makan buah yang tidak lebih dari sekepal tangan, dan tidak mengonsumsi banyak-banyak. Mereka tidak akan menyimpan makanan. Makanan berlebih atau tidak sesuai akan dibawa para biksu ke pihak vihara.

Dengan melakukan thudong, biksu dapat melatih kesabaran. Antusiasme masyarakat Indonesia kerap memberikan bantuan pangan. Para biksu hanya mengambil secukupnya. Kelebihan makanan dan minuman akan diserahkan ke vihara. (Sandy Leo)

Praktik thudong belum tentu cocok untuk semua biksu, seperti sedang sakit dan kurang dianjurkan bagi yang memiliki sifat kebencian mengakar kuat. Selain itu, praktik thudong juga tidak wajib bagi semua anggota Sangha.