Teucer, Pahlawan Perang Troya Mitologi Yunani yang Paling Diremehkan

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 25 Mei 2024 | 18:05 WIB
Teucer dalam mitologi Yunani digambarkan sebagai pejuang dengan kemampuan memanah handal. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Teucer (Yunani: Τεύκρος) adalah salah satu pahlawan perang Troya dalam mitologi Yunani yang paling diremehkan, padahal ia sangat terampil dalam berperang.

Dalam Iliad, Teucer adalah salah satu karakter yang kurang dikenal. Iliad merupakan karya sastra Eropa pertama yang mengisahkan Perang Troya yang legendaris dalam mitologi Yunani.

Meskipun tokoh-tokoh yang lebih terkenal seperti Achilles, Hector, dan Agamemnon cenderung menjadi pusat perhatian, Homer tetap menggambarkan Teucer sebagai pemanah yang sangat terampil.

Tidak hanya itu, Teucer tentu saja merupakan salah satu pejuang dengan busur paling akurat di seluruh cerita.

Teucer adalah putra Telamon, raja Salamis, dan saudara tiri pahlawan terkenal Ajax. Dalam mitologi Yunani, Telamon adalah putra Raja Aeacus dari Aegina, dan Endeïs, peri gunung.

Telamon juga kakak laki-laki Peleus. Telamon dikisahkan pernah berlayar bersama Jason sebagai salah satu Argonautnya, dan ikut pada perburuan Babi Hutan Calydonian.

Beberapa catatan menyebutkan putra ketiganya, Trambelus. Ia dan Peleus juga merupakan teman dekat Heracles. Ia membantu Heracles dalam ekspedisinya melawan Amazon dan penyerangannya ke Troy.

Dalam Iliad, dia adalah ayah dari pahlawan Yunani Ajax Agung dan Teucer dari ibu yang berbeda.

Teucer dan Ajax ini menjadi tim yang tangguh selama pertempuran yang digambarkan dalam Iliad. Teucer diceritakan sering berlindung di balik perisai raksasa Ajax saat ia melepaskan hujan panah ke arah Troya.

Teucer membunuh banyak orang-orang Troya, di antaranya Archeptolemus, kusir Hector dan putra Iphitos.

Namun, setiap kali dia mengarahkan panah ke Hector, Apollo, penjaga Troya, akan terus-menerus melakukan intervensi, mencegah tembakan tersebut mengenai sasarannya.

Baca Juga: Interpretasi Seni dan Pemujaan Dewa Matahari dalam Mitologi Yunani