Kisah Tragis Perdana Menteri Pertama Dinasti Ming, Dihabisi Bersama 70 Anggota Keluarganya

By Ade S, Minggu, 26 Mei 2024 | 16:03 WIB
Ilustrasi Li Shanchang Shangguan Zhou dari era Dinasti Qing. Artikel ini mengangkat kisah tragis Li Shanchang, perdana menteri pertama Dinasti Ming yang tewas bersama 70 anggota keluarganya. (Shangguan Zhou)

Nationalgeographic.co.id—Li Shanchang, perdana menteri pertama Dinasti Ming, merupakan salah satu sosok penting dalam sejarah Tiongkok.

Ia membantu Zhu Yuanzhang mendirikan Dinasti Ming dan menjadi pemimpin yang cakap dan berjasa besar. Namun, kisah hidupnya diwarnai dengan tragedi dan akhir yang tragis.

Pada awal berdirinya Dinasti Ming, Li Shanchang memiliki hubungan yang erat dengan Zhu Yuanzhang. Ia dipercaya untuk membantu kaisar dalam mengelola negara dan memainkan peran penting dalam berbagai kebijakan penting.

Namun, seiring berjalannya waktu, hubungan antara kaisar dan perdana menterinya mulai retak. Zhu Yuanzhang, yang dikenal sebagai pemimpin yang otoriter dan penuh kecurigaan, merasa terancam oleh pengaruh Li Shanchang yang semakin besar. 

Artikel ini akan mengupas kisah tragis Li Shanchang, mulai dari masa kejayaannya sebagai perdana menteri hingga kematiannya yang tragis bersama 70 anggota keluarganya.

Pergeseran "Pendamping" Kaisar

Berdiri setelah runtuhnya Dinasti Yuan (Mongol) yang berkuasa dari 1206 hingga 1368, seperti dilansir dari Encyclopedia Britannica, Dinasti Ming menandai era baru kepemimpinan asli Tiongkok di bawah kepemimpinan Zhu Yuanzhang.

Zhu, yang awalnya berasal dari rakyat jelata, naik tahta dengan gelar Hongwu. Dinasti Ming menjadi salah satu dinasti paling stabil namun juga paling otokratis dalam sejarah Tiongkok.

Sistem pemerintahan dasar yang diterapkan Dinasti Ming dilanjutkan oleh Dinasti Qing (Manchu) berikutnya dan bertahan hingga sistem kekaisaran dihapuskan pada tahun 1911/12.

Sistem birokrasi mencapai puncaknya pada era Ming dan kemudian menjadi lebih terstruktur; hampir semua pejabat tinggi Ming memasuki birokrasi setelah lulus ujian pemerintah.

Badan Sensor (Yushitai), lembaga yang dirancang untuk menyelidiki kesalahan dan korupsi pejabat, menjadi badan terpisah dalam pemerintahan. Urusan di setiap provinsi ditangani oleh tiga badan, yang masing-masing melapor ke biro terpisah di pemerintah pusat.

Baca Juga: Dipicu Kebijakan Fatal Ayahnya, Kaisar Zhu Qizhen Seret Dinasti Ming ke Jurang Kehancuran