Selidik Bangsa Cimmeria, Penghuni Wilayah Berkabut di Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 1 Juni 2024 | 09:00 WIB
Ilustrasi bangsa Cimmeria yang misterius dalam mitologi Yunani. (World Anvil)

Nationalgeographic.co.id—Selidik bangsa Cimmeria, penghuni wilayah berkabut di mitologi Yunani. Bangsa Cimmeria adalah bangsa yang aktif di Anatolia pada Era Archaic.

Anatolia adalah wilayah yang berada di sebelah timur Yunani dan secara harfiah berarti 'tempat matahari terbit'.

Dalam banyak catatan mitologi Yunani, bangsa Cimeria diceritakan sangat misterius dan memiliki konflik dengan sejumlah bangsa, seperti Asyur, Frigia, dan Lydia.

Bangsa Asyur adalah bangsa yang berpusat di hulu sungai Tigris, Mesopotamia. Sedangkan adalah suku bangsa Indo-Eropa kuno yang awalnya berada di selatan Balkan.

Sementara Bangsa Lydia adalah bangsa yang menghuni Lydia yang berada di daerah Anatolia Barat.

Dalam mitologi Yunani, bangsa Cimeria memiliki riwayat panjang konflik dengan 3 bangsa tersebut.

Bangsa Cimeria muncul secara menarik di lokasi yang sangat tidak terduga dan misterius, sehingga menimbulkan banyak perdebatan.

Jadi apa yang bisa kita ketahui mengenai bangsa Cimmeria dalam mitologi Yunani?

Bangsa Cimmeria dalam mitologi YunaniReferensi tertulis paling awal mengenai bangsa Cimmeria dalam literatur mitologi Yunani berasal dari Odyssey, yang ditulis oleh Homer pada paruh kedua abad ketujuh SM.

Dalam kisah tentang perjalanan Odysseus kembali ke Ithaca dari Troy, bangsa Cimmeria muncul dalam konteks yang aneh dan mitologis.

Setelah menghabiskan beberapa waktu di pulau Circe, Odysseus melakukan perjalanan ke daratan terdekat dan mencapai pintu masuk Dunia Bawah.

Baca Juga: Arrichion, Atlet Olimpiade Yunani Kuno yang Jasadnya Diberi Mahkota Juara