Benarkah Mural Makam dari Kekaisaran Tiongkok Ini Lukiskan Sosok Asing?

By Ade S, Rabu, 17 Juli 2024 | 16:03 WIB
Mural kuno di makam Kekaisaran Tiongkok ini dianggap mengungkap kehidupan sehari-hari dan kemungkinan interaksi dengan orang asing di masa lampau. ()

Nationalgeographic.co.id—Sebuah penemuan menarik datang dari Kekaisaran Tiongkok. Para arkeolog baru saja menemukan mural kuno di sebuah makam yang menggambarkan kehidupan sehari-hari di masa lampau.

Namun, hal yang menarik perhatian adalah salah satu mural yang menampilkan sosok yang berbeda dari penduduk lokal.

Sosok tersebut digambarkan dengan rambut pirang dan janggut, yang memicu spekulasi tentang interaksi dengan orang asing di masa lampau.

Mural ini ditemukan di sebuah makam yang berasal dari Dinasti Tang, yang memerintah Tiongkok dari tahun 618 hingga 907 Masehi.

Sosok asing dalam mural tersebut digambarkan sedang memimpin unta, yang menunjukkan kemungkinan dia adalah seorang pedagang dari luar Tiongkok.

Penemuan ini membuka pertanyaan tentang bagaimana interaksi antara orang Tiongkok dan orang asing di masa lampau, dan bagaimana hal tersebut memengaruhi budaya dan kehidupan di Kekaisaran Tiongkok.

Sosok "orang Barat"

Para arkeolog di China utara telah membuka jendela ke kehidupan sehari-hari selama Dinasti Tang melalui penggalian makam berusia berabad-abad.

Makam ini, yang ditemukan pada tahun 2018 di lereng bukit dekat Taiyuan, ibu kota provinsi Shanxi, dihiasi mural menakjubkan yang menggambarkan berbagai aspek kehidupan pada masa kejayaan dinasti tersebut (618-907 M).

"Mural-mural ini, yang baru dilaporkan penggaliannya bulan lalu, menawarkan pandangan sekilas yang belum pernah dilihat sebelumnya tentang aktivitas sehari-hari rakyat biasa Dinasti Tang," papar Tom Metcalfe di laman Live Science.

Penggambaran yang terlestarikan dengan indah ini termasuk pria yang mengirik gandum, membuat mie, dan bahkan sosok yang tampaknya "orang Barat" dengan rambut pirang dan janggut.

Baca Juga: Rekonstruksi Kemegahan Jamuan ala Kekaisaran Tiongkok, Ada Tangan Beruang