Selidik Situs-Situs Penting di Jepang yang Kaya Sejarah dan Budaya

By Sysilia Tanhati, Jumat, 19 Juli 2024 | 19:00 WIB
Jepang adalah negara unik dengan sejarah dan budaya yang tiada duanya. Dari zaman Jomon, samurai hingga Perang Dunia Kedua, Jepang menjadi fokus para sejarawan. (Hirayuki1886/CC0)

Nationalgeographic.co.id—Jepang adalah negara unik dengan sejarah dan budaya yang tiada duanya. Dari zaman Jomon, samurai hingga Perang Dunia Kedua, Jepang menjadi fokus para sejarawan.

Jepang memiliki banyak sejarah yang dikemas dalam wilayah yang kecil. Hal ini menjadikannya sangat menarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan menggali informasi tentang sejarah Jepang.

Berikut beberapa situs paling penting secara historis di Negeri Matahari Terbit itu.

Kastel Himeji

Himeji atau “Kastel Bangau Putih” adalah monumen ikonik yang menunjukkan estetika feodal Jepang. Bertengger di puncak Gunung Himeyama, kastel ini dibangun pada abad ke-14 dan dibangun kembali pada tahun 1577.

Awalnya kastel ini berfungsi sebagai benteng bagi klan Akamatsu. “Lalu kemudian diambil alih oleh Shogun Toyotomi Hideyoshi, salah satu dari tiga pemersatu besar Jepang,” tulis Greg Beyer di laman The Collector.

Hideyoshi menambahkan menara tiga lantai. Penguasa selanjutnya menambahkan bagian tambahan ke kastel, termasuk menara lima lantai.

Kastel ini berfungsi sebagai titik penting dimana kekuasaan Tokugawa dapat ditegakkan atas wilayah sekitarnya.

Kastel Himeji (Niko Kitsakis/CC BY-SA 4.0)

Tidak seperti banyak kastel lainnya, Kastel Himeji melewati Perang Dunia Kedua tanpa kerusakan sama sekali. Kastel ini juga menjalani pemeliharaan rutin selama beberapa dekade berikutnya. Pada tahun 1993, Himeji ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan kini menjadi salah satu tempat wisata terbesar di Jepang.

Konstruksinya mencakup jalur yang sengaja membingungkan, jalan buntu, dan tangga berkelok-kelok untuk membingungkan calon penyerang. Dan akibatnya saat ini banyak turis yang kebingungan mencoba mencari jalan masuk ke dalam kastel

Baca Juga: Sejarah Hello Kitty, Salah Satu Karakter Jepang yang Paling Dicintai