Apa yang Terjadi dengan Elizabeth I Setelah Anne Boleyn Meninggal?

By Ade S, Rabu, 24 Juli 2024 | 12:03 WIB
Apa yang terjadi dengan Elizabeth I usai ibunya, Anne Boleyn, meninggal dunia karena dituduh berselingkuh oleh ayahnya yang justru menikah lagi? (William Scrots)

Nationalgeographic.co.id—Elizabeth I, yang diyakini sebagai salah satu, atau bahkan mungkin raja terhebat Inggris, berhasil menyelamatkan negara dari invasi berkat kemenangan atas Armada Spanyol.

Ia juga mengembalikan ajaran Protestan dan membentuk Inggris menjadi negara yang kuat dan independen.

Namun, masa kecilnya diwarnai kesulitan dan ia beruntung bisa mencapai takhta. Sang ayah, Henry VIII, menghukum mati ibunya, Anne Boleyn, saat Elizabeth masih muda. Ia dilucuti hak warisnya dan dipenjara di Menara London.

Lahir pada 7 September di Istana Greenwich, berita kelahiran Elizabeth disambut sukacita di seluruh negeri. Namun, bagi sang ayah, Henry, kelahiran ini adalah kekecewaan pahit.

Ia sangat menginginkan pewaris laki-laki untuk melanjutkan dinasti Tudor. Meskipun Elizabeth ditunjuk sebagai pewaris takhta berikutnya, Raja berdoa agar anak selanjutnya adalah laki-laki yang akan menggantikan posisinya.

Di usia dua tahun delapan bulan, Anne Boleyn, ibu Elizabeth, dihukum berzinah dan dipenggal atas perintah Henry VIII.

Seminggu kemudian, sang ayah menikahi Jane Seymour, dayang Anne.

Lalu, apa yang terjadi pada Elizabeth I setelah kematian sang ibu dan pernikahan sang ayah? Simak kisahnya dalam artikel berikut ini.

Sempat disingkirkan

Akibat peristiwa kematian ibunya dan pernikahan ayahnya dengan Jane Seymour, Elizabeth dinyatakan tidak sah dan dikeluarkan dari garis suksesi kerajaan. Melansir BBC, gelarnya diturunkan dari 'Putri' menjadi 'Lady'.

Selama beberapa tahun, Elizabeth terabaikan. Namun, semuanya berubah ketika istri terakhir Henry, Catherine Parr, mengambil alih urusan Elizabeth.

Baca Juga: Henry VIII, Suami Anne Boleyn yang Suka Otak-atik Aturan Demi Nafsunya